Beranda Hukum Kriminal Nyale sudah turun ke pasar

Nyale sudah turun ke pasar

423
0
BERBAGI
nyale di pasar yang dijual warga

Koresponden koranmerah (02/04/2018)

Penangkapan nyale di Lombok Tengah,NTB di daerah pesisir pantai selatan sudah dilakukan warga sejak sabtu malam (03/02),warga tidak mengindahkan keputusan yang dikeluarkan oleh pemda Lombok Tengah yang menyatakan nyale akan datang pada tanggal 6 dan 7 maret 2018.

Warga banyak yang mempercayai bahwa nyale akan datang pada tanggal 5, 6 dan 7 ferbruari,bahkan sejak malam minggu kemaren,warga sudh berbondong bondong ke pantai selatan untuk menangkap nyale,dan ternyata nyale sudah keluar,warga sudah menangkap nyale walaupun jumlahnya tidak banyak,warga mempercayai tumpahnya nyale akan jatuh pada hari senen dan selasa,atau tanggal 6 dan 7 februari.

“Sudah ada yang dapat walaupun nyalenya masih disebut nyale bekedeq  “kata Rate Wijaya,ketua Block Pujut yang menggagas nyale jatuh pada februari berdasarkan kalender rowot sasak bukan pada bulan maret sesui keputusan pemerintah daerah Lombok Tengah.

Rate juga mengirimkan foto dan video kepada koranmerah bahwa nyale sudah dijual di pasar .

“sudah dijual di pasar ,hasilnya banyak “kata rate.

Seperti diketahui bahwa ada perbedaan penetapan bau nyale yang dilakukan pemda Lombok Tengah dengan penanggalan yang dikeluarkan oleh kalender rowot sasak,polemik ini membuat kebingungan masyarakat,karena tidak pernah terjadi perbedaan penetapan bau nyale yang sangat berkebalikan.

“yang mana yang bener ,apa februari atau maret ya “kata solihin,salah seorang warga desa mangkung.

Namun solihin mengungkapkan akan tetap mengikuti kedua duanya.

“nanti malam saya akan pergi,nanti maret juga saya akan pergi “kata solihin.

Sementara itu pemda Lombok Tengah menyatakan sudah mengirimkan undangan kepada block pujut dan pihak kalender rowot sasak untuk menyatukan persepsi.

“kita sudah undang mereka,tapi mereka tidak datang “kata lalu putrie.

Sementara itu block pujut menyatakan bahwa pihaknya meyakini berdasarkan kalender rowot sasak yang terbukti ilmiah maka penangkapan nyale jatuh pada bulan februari.

“kita tak mau melawan pemda,terserah mereka jika akan mengadakan even,tapi kita ingin mencari kebenaran,tanggal berapa  yang disebut bulan 10 tanggal 20 yang di katakan oleh putri mandalika itu “pungkas rate saat diskusi baru baru baru ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here