Beranda Publik Politik Pasar Seni Mangkrak,begini penjelasan Dinas Perdagangan

Pasar Seni Mangkrak,begini penjelasan Dinas Perdagangan

400
0
BERBAGI
Pasar Seni di Kuta Lombok.Awal dibangun dan kondisi saat ini.
Koresponden Koranmerah (Kamis,22/3/2018)

Road Monev yang digelar komisi 2 yang menyambangi sejumlah dinas yang menjadi leading sektor komisi 2 DPRD Lombok tengah,NTB mengangkat berbagai isu dan persoalan yang dihadapi di Lombok Tengah.
Salah satunya,saat kunjungan ke Dinas Perdagangan Lombok Tengah.Dalam kunjungan ini, persoalan menarik menjadi titik fokus dewan adalah terkait dengan pasar seni di pantai kuta.dimana pasar seni ini awalnya dihajatkan untuk pasar wisata yang menjual aneka macam  kerajinan khas lombok ini terlihat kumuh,alih alih ada kerajinan yang di jual,malah ada yang dijadikan tempat tinggal berpagar bedek.
Ketua komisi 2 DPRD Lombok Tengah,Samsul Qomar mempertanyakan soal ini.
“Bukan untuk pasar,tempat tinggal distu itu,bukan pasar seni lagi,tapi warung,segala macam.”selidik samsul qomar.
Menampik itu,Dinas Perdagangan Lombok Tengah menyatakan bahwa pasar seni tersebut merupakan kewenangan dari pemerintah pusat,Kementrian Keuangan RI.Pemerintah daerah tidak punya kewenangan untuk melakukan pengelolaan terhadap pasar seni tersebut.
Otoritas pengelolaan dan pengaturan sepenuhnya ada pada kementrian bersangkutan,sehingga pemerintah daerah tak bisa berbuat apa-apa.masih menunggu arahan dari pemerintah pusat terkait pengelolaan pasar seni.
“Ternyata itu milik pemerintah pusat,kita tak punya kewenangan.kalau kita yang punya,pasti kita tata dengan baik.”kata Kepala Dinas Perdagangan,H.Saman.
Kadis Perdagangan Lombok Tengah,H.Saman
Pemerintah Daerah berharap ITDC bisa melakukan penataan karena erat kaitannya dengan pemerintah pusat.sehingga kondisi itu dapat diperbauki secepatnya.
“ITDC nanti yang akan mengatur itu,kita harap segera,kalau kita nanti ada pasar Rakyat di sekitar itu,yang sedang kita percepat pembangunannya.”terang Saman.
Pasar seni di dekat kawasan mandalika resort,dulunya diancang ancang akan menjadi tempat perdagangan kerajinan seni lombok.dimana lokasi ini merupakan daerah pemindahan ketika penggusuran yang dilakukan oleh pemda lombok tengah atas sejumlah bangunan di roi pantai senek,kuta.mereka yang digusur disana dipindahkan ke tempat ini.namun kondisinya saat ini masih belum sepenuhnya terkelola dengan baik.Pemerintah pusat belum sampai tangannya untuk menata lokasi ini agar sesui dengan wacana yang dibangun saat pemindahan beberapa tahun silam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here