Beranda Hukum Kriminal Ketua Gagak Hitam : Pamswakarsa bukan Alat Mereman

Ketua Gagak Hitam : Pamswakarsa bukan Alat Mereman

772
0
BERBAGI
Jidan Hadi,Ketua Pamswakarsa Gagak Hitam
Koresponden koranmerah(4/4/2018)

Keberadaan Pamswakarsa sempat booming di pulau Lombok,NTB.Ada sejumlah pamswakarsa yang muncul di era tahun 2010 kebawah yang sempat menjadi primadona masyarakat lombok.Warga lombok waktu itu berbondong-bondong masuk menjadi anggota pamswakarsa.
Seiring berjalan waktu, pamswakarsa mulai meredup.Diduga,kesalahan pengelolaan menjadi penyebabnya.Hal ini, diakui oleh ketua Pamswakarsa Gagak Hitam,Jidan Hadi.Jidan kini tengah sibuk membesarkan gagak hitam dan merestorasi ulang pamswakarsa agar kembali kepada misi awalnya, yakni melakukan tindakan pengamanan berbasis gotong royong, bukan lagi menjadi alat kepentingan tertentu yang merusak cap pamswakarsa itu sendiri.
“Pamswakarsa bukan sebagai alat mereman reman,tapi sebagai wadah untuk berbuat kebaikan.mengajak mereka yang kurang sadar itu menjadi sadar.”kata Jidan.
Pamswakarsa menurut jidan adalah milik masyarakat.ia tak boleh terkotak kotak dengan label anggota.
“Semua masyarakat lombok adalah anggota, pamswakarsa adalah milik masyarakat.ia tidak boleh dijadikan alat meraih kepentingan oknum siapapun.”jelas mantan Anggota Dewan ini.
Jidan menyebutkan cara terbaik untuk mengurangi angka kriminalitas tidak ansih tentang penangkapan semata.tapi lewat pembinaan kepada oknum masyarakat yang berbuat tidak baik itu.
“Mereka ini kan orang yang tidak punya pekerjaan,makanya kita bina mereka.satu saja yang berhenti,maka kita akan menerima keamanan.pembinaan yang penting.”kata pria asal Desa Kidang,Praya Timur ini.
Untuk itu,yang dilakukan gagak hitam adalah lebih pada pembinaan dan penyadaran serta berupaya memberikan peluang kerja kepada masyarakat, terutama generasi muda yang rentan diajak berbuat kriminal.
“Kalau mereka sudah bekerja, mereka tidak akan berbuat seperti itu.sehingga kami berupaya memasukkan mereka untuk bekerja.”jelas mantan ketua komisi 4 DPRD Lombok Tengah ini.
Selain nama pamswakarsa Gagak Hitam,ada sejumlah nama lain yang juga beken,seperti Pamswakarsa Amphibi,Kumpul,Laskar Sasak,Bumi Gora dll.
“Kita sudah merajut kerjasama.kita semua punya tujuan yang sama,agar lombok aman.”pungkas pria bersahaja ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here