Beranda Nasional Puluhan Ribu warga miskin Dompu akan terima BPJS.Siapa Tau Nama Anda Belum...

Puluhan Ribu warga miskin Dompu akan terima BPJS.Siapa Tau Nama Anda Belum Terdaftar

200
0
BERBAGI
Kepala Cabang BPJS-Kes Dompu, M. Zainuddin
Koresponden Koranmerah ( Selasa, 22/05 )

Sekitar 52 ribu warga miskin di Kabupaten Dompu akan mendapatkan kartu untuk mendapatkan jaminan pelayanan kesehatan gratis dari pemerintah.Kartu itu akan dikeluarkan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial-Kesehatan (BPJS-Kes) Cabang Dompu bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial Kabupaten Dompu.

BACA JUGA : Ketua DPRD Lombok Tengah sebut Data Orang Miskin jadi Boomerang. Sebabnya…

Kepala Cabang BPJS-Kes Dompu, M. Zainuddin mengatakan 52 ribu peserta baru penerima Kartu Indonesia Sehat (KIS) itu diusulkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu hingga akhir 2018 ini. Sedangkan entry data peserta baru dilaksanakan oleh Dinas Sosial Kabupaten Dompu dengan merujuk kepada Basis Data Terpadu (BDT).
“Yang didaftarkan sekitar 52 ribu jiwa,” ungkapnya.
Ditambahkan Zainuddin, sekitar 1000 kartu dari jumlah tersebut dipersiapkan untuk bayi.
“Sekitar 50. 280 jiwa yang sudah didaftarkan dan  banyak lagi tambahan yang diusulkan Dikes melalui Dinsos,” imbuhnya.
Lebih lanjut Zainuddin menerangkan prosedur pendataan peserta BPJS-Kes baru ini dientry (direkap) oleh Dinas Sosial Kabupaten Dompu setiap bulan yang selanjutnya dirilis oleh BPJS-Kes Cabang Dompu pada akhir bulan.
“Data yang masuk itu kami proses sehingga setiap awal bulan berikutnya sudah aktif (sebagai peserta BPJS-Kes),” jelasnya.
Dikatakannya dalam proses distribusi data ini, mengalami perbaikan-perbaikan karena ada sejumlah warga miskin yang tercantum dalam BDT yang telah meninggal dunia, pindah domisili maupun berubah status dari miskin menjadi kaya.
“Setiap bulan ada perkembangan-peekembangan. Ada yang diusulkan untuk diganti dan ada yang dinonaktifkan,” tuturnya.

Karena itu, lanjutnya bagi masyarakat miskin yang belum memiliki kartu BPJS-Kes dapat mendaftarkan diri ke kantor Dinas Sosial Kabupaten Dompu dengan membawa foto copy kartu keluarga (KK), foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Surat Keterangan Tidak Mampu dari desa (kelurahan) setempat. (EMO – Dompu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here