Beranda Nasional Megawati Di Makam Bung Karno.Peringati Haul Sang Proklamator

Megawati Di Makam Bung Karno.Peringati Haul Sang Proklamator

253
0
BERBAGI
Kompas
Editorial Koranmerah (Rabu, 20/06)

Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri berziarah ke makam Presiden pertama RI Soekarno di Blitar, Jawa Timur, Rabu (20/6/2018). Kegiatan ziarah tersebut merupakan bagian dari peringatan haul Soekarno ke-48. Hadir dalam ziarah tersebut sejumlah menteri dan pejabat tinggi negara, yakni Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala BIN Budi Gunawan, Anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Mahfud MD dan Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj.
Selain itu hadir pula Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf dan calon Wakil Gubernur Jatim Puti Guntur Soekarno. Selama sekitar 30 menit mereka berdoa bersama di pusara Sang Proklamator. Seusai doa bersama, Megawati sempat berfoto bersama di depan makam, kemudian bertolak ke Pendopo Kabupaten Blitar.

Menurut jadwal acara haul ke-48 Bung Karno akan dilanjutkan dengan Pengajian Kenduri 1001 Tumpeng, tausiyah Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj, pembacaan Yasin dan Tahlil, serta makan bersama. Pada tanggal 21 Juni, 48 tahun yang lalu, Bung Karno wafat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat atau RSPAD Jakarta.

Pada petang harinya, jenazah Bung Karno dimakamkan di Blitar. Saat itu, seluruh warga bangsa Indonesia mengibarkan bendera Merah Putih setengah tiang. Bung Karno wafat persis 15 hari setelah ulang tahunnya yang ke-69. Sosok Soekarno begitu dikenal di dalam dan di luar negeri karena kharisma dan visi revolusionernya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Megawati dan Sejumlah Menteri Peringati Haul di Makam Bung Karno”, https://nasional.kompas.com/read/2018/06/20/16360481/megawati-dan-sejumlah-menteri-peringati-haul-di-makam-bung-karno.
Penulis : Kristian Erdianto
Editor : Krisiandi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here