Beranda Nasional Lombok Tengah Darurat Air Di Musim Kemarau. Dewan Minta Pemerintah Harus Cepat...

Lombok Tengah Darurat Air Di Musim Kemarau. Dewan Minta Pemerintah Harus Cepat Bereaksi

352
0
BERBAGI
kekeringan melanda persawahan
Koresponden Koranmerah ( Sabtu, 23/06)

Setiap tahun Kabupaten Lombok Tengah, NTB mengalami kekeringan.tidak hanya melanda persawahan tapi juga berimbas pada ketersediaan air bersih yang langka.
Kejadian ini berlangsung terutama di wilayah selatan lombok tengah yang terkenal tandus dan merupakan areal tadah hujan.kondisi ini mengundang keperihatinan anggota dewan.dimana mereka menerima banyak sekali keluhan terkait kondisi air bersih dan air irigasi saat musim kemarau.
“Kita tidak boleh membiarkan kejadian ini terus saja berulang setiap tahun.kami menerima keluhan warga hampir setiap saat.mereka berebut air untuk mengairi sawahnya.yang mana padi dan tanaman lainnya terancam gagal kala kondisi kemarau.”ujar H.Ahkam, anggota dewan Lombok Tengah.
Ahkam meminta pemerintah cepat tanggap dalam menghadapi persoalan terkait air di musim kemarau agar tidak berdampak meluas pada tatanan hidup masyarakat yang lain.
“Perebutan air memicu pertengkaran antar warga.”ujarnya
Sementara itu, Lege Warman, Anggota Dewan Dapil 3, Pujut Praya Timur meminta pemerintah secepat mungkin untuk mengalirkan air bersih ke wilayah selatan, mengingat sejumlah meter air PDAM sudah terpasang, namun hingga kini tak jua di aliri air.
“Kita temukan ada pemasangan meteran yang sudah lama sekali.hanya dipasangkan saja, airnya tidak pernah ada.”ungkap lege.
Anggota Dewan Lombok Tengah, H.Ahkam
Apatah lagi terkait dengan air irigasi.lege membeberkan, berhektar hektar sawah akan rusak karena kekurangan air saat musim tanam MK2.
“Pemerintah harus cepat tanggap, ini kejadian dari tahun ke tahun.kita berharap pemerintah memberikan pemecahan masalah dari kasus yang terjadi setiap tahunnya ini, agar tidak terulang kembali.mengingat masyarakat butuh kepastian terhadap ketersiadaan air di musim genting.”pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here