Beranda Nasional Menang Persentase Di Tabulasi Suara Resmi KPU, Ini Profil Zul-Rohmy. Duo Doktor...

Menang Persentase Di Tabulasi Suara Resmi KPU, Ini Profil Zul-Rohmy. Duo Doktor Yang Enerjik

523
0
BERBAGI
Pasangan Zul-Rohmy saat debat sesi kedua
Editorial Khusus Koranmerah ( Jumat, 29/06)

Pasangan Zulkifliemansyah-Rohmy Jalilah menang persentase dalam info pemilu di situs resmi KPU.situs tersebut merupakan tabulasi resmi KPU.Data persentase menunjukkan pasangan ini mendulang suara 31 persen lebih mengungguli jauh lawannya yang lain yang bertengger di angka 26 persen.
Seperti apa sosok kedua tokoh yang disebut Duo Doktor ini.berikut ulasan koresponden koranmerah yang dikutip dari berbagai sumber.
1.Zulkifliemansyah
Akrab disapa Bang Zul, Zulkieflimansyah adalah politisi muda yang terpandang dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).  Bang Zul terpilih untuk ketiga kalinya sebagai Anggota DPR-RI periode 2014-2019 mewakili Dapil Banten II (Kab.Serang, Kota Serang, Kota Cilegon). Sejak 2011 Bang Zul bertugas di Komisi XI yang membidangi keuangan, perencanaan pembangunan dan perbankan dan untuk periode 2014-2019 Bang Zul menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi XI. Pada bulan April tahun 2016, ia dipindahkan menjadi anggota Komisi VII DPR-RI.
Sebelum terjun ke politik di 2004, Bang Zul dikenal sebagai salah satu putra terpintar bangsa dan akademisi. Di 2003 Bang Zul dinobatkan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sebagai Peneliti Muda Terbaik Indonesia (bidang ekonomi & manajemen). Sederet prestasi di diperolehnya di dunia penelitian dan menjadi Senior Research Fellow, Kennedy School of Government, Harvard University di Amerika Serikat, menjabat sebagai Direktur Riset Pasca Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dan diberi kepercayaan sebagai Pemimpin Program Extension Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Pada Pilkada Serentak 2018, Bang Zul maju mencalonkan diri sebagai Calon Gubernur Nusa Tenggara Barat. akhirnya Zulkieflimansyah digantikan oleh Ei Nurul Khotimah di DPR RI
Pendidikan
a. 2001- Doktor Ekonomi Industri. Department of Economics University of Strathclyde UK
b. 1998- Msc Bidang Industrialisasi. Department of Economics University of Strathclyde Glasgow UK
c. 1997- Msc Bidang Pemasaran dan Bisnis Internasional. Department of Marketing University of Strathclyde Glasgow UK
d. 1995- Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia
Perjalanan Politik
Zulkieflimansyah sangat aktif berorganisasi sejak di bangku kuliah. Bang Zul adalah Ketua Senat Mahasiswa Universitas Indonesia (1994-1995).  Ketika menjalani program pasca sarjana di Inggris Bang Zul tetap giat berorganisasi dan memimpin beberapa organisasi kemahasiswaan yaitu Persatuan Pelajar Indonesia di Glasgow, UK (Ketua), Strathclyde Moslem Student Association, Glasgow, UK (President) dan Mahasiswa Muslim Indonesia di Britania (Ketua).
Keterlibatannya dalam dunia politik diawali dengan terpilihnya menjadi Anggota DPR-RI pada periode 2004-2009.  Bang Zul bergabung dengan PKS sebelum Pileg 2004 dan mencalonkan diri menjadi calon legislatif.  Beliau pernah menjadi sorotan publik mengenai pelanggaran kode etik dalam sidang paripurna DPR yang pada saat itu membahas mengenai pengesahan Undang-Undang Keinsyinyuran.
Didukung oleh PKS, Zulkieflimansyah pernah maju sebagai Calon Gubernur Banten pada Pilkada 2006.  Zulkieflimansyah maju pada Pilkada 2006 sebagai Calon Gubernur Banten didampingi oleh artis yang juga terjun dalam dunia politik, Marissa Haque. Namun pasangan ini berhasil dikalahkan oleh pasangan Ratu Atut-Masduki.
Pada periode 2014-2019, Zulkieflimansyah mendapatkan kepercayaan untuk menjadi Wakil Ketua Fraksi PKS Bidang Litbang.
2.Rohmy Jalilah
Nama lengkap tokoh ini adalah Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd., lahir di Pancor, 29 November 1968 dari pasangan H. M. Djalaluddin, M.Sc dan Hj. Siti Rauhun Zainuddin Abdul Madjid (putri Tuan Guru Pancor).
Menempuh pendidikan dasar dan menengahnya di SDN 3 Mataram (sekarang SDN 6 Mataram) lulus tahun 1981, kemudian SMPN 2 Mataram lulus tahun 1984, dan SMAN 1 Mataram lulus tahun 1987.
Seusai SMA, Rohmi melanjutkan pendidikannya di Institut Teknologi Surabaya (ITS) lulus tahun 1992, kemudian S2 di Universitas Negeri Surakarta, dan S3 di Universitas Negeri Jakarta.
Adapun pengalaman kerja dari istri Ketua DPRD Kabupaten Lombok Timur ini antara lain: General Foreman di PT. Newmont Nusa Tenggara (Tahun 2000-2009), kemudian hijrah ke dunia politik dan pernah menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Lombok Timur periode 2009-2013, dan sejak tahun 2012 hingga sekarang aktif di dunia akademik dengan jabatan Rektor di Universitas Hamzanwadi, Selong.
Kakak Kandung Gubernur NTB, Dr. TGH. Zainul Majdi ini memiliki 3 anak yaitu H. Abdul Bassith Asdjazzi, Lc. (Mahasiswa S2 Tafsir Al Quran, Universitas Al Azhar, Mesir), Raania Amaani (Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia), dan Muhammad Nabiel Rahmany (Siswa TK Hamzanwadi, Selong).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here