Beranda Nasional Lagi Gunung Agung Semburkan Abu Vulkanik

Lagi Gunung Agung Semburkan Abu Vulkanik

356
0
BERBAGI
referensi pihak ketiga
Koresponden Koranmerah ( Selasa, 3/7)

Setelah sekitar pukul 21.04 Wita Senin (02/07/2018) malam Gunung Agung yang terletak di Karangasem, Bali memuntahkan material lava pijar, tadi dini hari Gunung Agung sekitar pukul 04.13 Wita kembali erupsi.
Sebagaimana keterangan pers Badan Geologi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM, Selasa (3/7/2018), erupsi termutakhir ini terjadi pukul 04.13 Wita.
“Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 21 mm dan durasi ± 7 menit,” demikian kata PVMBG.
Bila dibandingkan dengan malam tadi, amplitudo maksimum kali ini lebih kecil. Amplitudo letusan pukul 21.04 Wita tadi terekam sebesar 24 mm di seismogram.
Tinggi kolom abu teramati kurang lebih 2.000 m di atas puncak (kurang lebih 5.142 m di atas permukaan laut). PVMBG mengeluarkan rekomendasi untuk masyarakat.
Sementara itu, PVMBG pada tanggal 2 Juli 2018 kemarin mencatat telah terjadi 11 gempa hembusan dan 2 kali gempa tektonok jauh.
PVMBG merekomendasi kepada masyarakat disekitar Gunung Agung dan pendaki atau wisatawan agar tidak berada dan tidak melakukan pendakian serta tidak melakukan aktivitas apapun di zona perkiraan bahaya yaitu di seluruh area dalam radius 4 kilometer dari kawah puncak Gunung Agung.
Zona perkiraan bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi serta dapat beruba ubah setiap waktu mengikuri perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling aktual. Status Level III (Siaga) masih dipertahankan.
BACA JUGA; Lagi Kapal Tenggelam, Ini Kronologi Tenggelamnya KMP Lestari Maju

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here