Beranda Nasional Ngurah Wirawan: ITDC Sudah Siapkan Fasilitas Untuk Lomba Marathon Internasional

Ngurah Wirawan: ITDC Sudah Siapkan Fasilitas Untuk Lomba Marathon Internasional

342
0
BERBAGI
Rapat Persiapan lomba marathon internasional di kantor ITDC, lombok tengah, NTB
Koresponden Koranmerah ( Rabu, 4/7)

Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika atau The Mandalika yang dikelola PT Pengembangan Pariwisata Indonesia / Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) siap menyambut pelaksanaan lomba lari internasional The Indonesian National Armed Forces International Marathon 2018 yang akan digelar Mabes TNI pada 23 September 2018. Kesiapan ini disampaikan seusai pelaksanaan Rapat Koordinasi antara Manajemen ITDC dan penyelenggara lomba di Mandalika pada Selasa, 2 Juli 2018.
“Kami berterima kasih  kepada TNI sebagai penyelenggara Lomba yang telah memilih kawasan The Mandalika menjadi lokasi lomba berkelas Internasional ini dan kami siap menyambut event lari The Indonesian National Armed Forces International Marathon 2018. Infrastruktur dan berbagai fasilitas di kawasan ini siap melayani peserta lomba lari internasional ini,” ujar Direktur Operasional ITDC Ngurah Wirawan.
Ngurah Wirawan menambahkan The Mandalika sangat cocok menjadi pilihan untuk event olahraga berskala internasional karena lokasi yang strategis, dan mudah dijangkau karena dapat ditempuh dalam waktu setengah jam dari Bandara Internasional Lombok. The Mandalika sebagai salah satu dari 10 destinasi baru yang ditetapkan Pemerintah juga memiliki pemandangan dan kontur alam yang sangat indah sehingga akan memberikan daya tarik lebih bagi peserta lomba lari.
Saat ini KEK Mandalika telah dilengkapi sejumlah fasilitas pendukung antara lain hotel berbintang, jalan dalam kawasan sepanjang 11 km, dan masjid Nurul Bilad berkapasitas 2000 orang. Sementara di area Kuta Beach Park the Mandalika telah dilengkapi berbagai fasilitas penunjang untuk kenyamanan pengunjung berupa arena bermain anak-anak, tempat bilas, loker untuk menyimpan barang, dan toilet. Selain itu, telah tersedia Balai Penyelamatan dan Pengamanan Wisata (BALAWISTA) dengan fungsi sebagai Pos Penyelamatan, Pos Kesehatan, Pusat Informasi Wisata, dan Pengamanan Pantai sehingga kawasan ini cocok dalam menyambut peserta lari yang ditargetkan berasal dari dalam dan luar negeri tersebut.
Seperti diketahui, dalam rangka memperingati HUT ke-73 Tentara Nasional Indonesia (TNI) tahun 2018, TNI akan menggelar lomba lari berskala internasional The Indonesian National Armed Forces International Marathon 2018 di Pantai Kuta, The Mandalika, NTB pada 23 September 2018 mendatang. Pendaftaran sendiri sudah dibuka mulai tanggal 9 Juni 2018, pada Official Website The Indonesian National Armed Forces International Marathon 2018 : www.tnimarathon.com.
Kepala Dinas Jasmani Angkaran Darat (Kadisjasad) Brigjen TNI Mochammad Hasan selaku penanggung jawab kegiatan mengatakan lomba maraton berskala internasional dengan total hadiah sebesar Rp 10 milar lebih ini ditargetkan diikuti oleh lebih dari 10.000 pelari yang berasal dari Indonesia dan mancanegara.
“Lomba maraton yang diselenggarakan oleh TNI ini bertujuan untuk menumbuhkan partisipasi masyarakat dalam meningkatkan prestasi olahraga nasional, khususnya pada cabang atletik lari maraton dan mencari bibit-bibit atlet nasional. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan mengenalkan destinasi baru pariwisata Indonesia pada dunia internasional, khususnya di Mandalika, Lombok, NTB,” terang Brigjen TNI Mochammad Hasan.
Lomba akan memperlombakan sejumlah kategori antara lain: jarak 5 K bagi pelajar dan pelari nasional putra dan putri, 10 K bagi master, atlet nasional dan anggota TNI-Polri, 21 K bagi master, anggota TNI-Polri, anggota Angkatan Bersenjata dan Polisi negara sahabat, atlet nasional dan atlet internasional, sedangkan jarak 42 K bagi atlet nasional dan internasional. Dalam ajang bergengsi ini akan diikuti oleh sejumlah atlet elite nasional dan internasional asal Indonesia seperti Agus Prayogo, Atjong Tio Purnama dan Odekta Vina.
Selain kegiatan lari maraton, event ini akan diikuti pula dengan pertunjukan tim aerobatic Jupiter dari TNI AU, pameran alutsista TNI, pertunjukan seni-budaya khas Lombok, hingga karya bakti dan bakti sosial kesehatan TNI berupa pengobatan massal bagi masyarakat Lombok.
“Dengan dipilihnya The Mandalika sebagai lokasi The Indonesian National Armed Forces International Marathon 2018 dapat menambah promosi kawasan kami ke masyarakat dalam dan luar negeri. Selain itu, diharapkan dengan target peserta yang mencapai 10 ribu pelari, dapat memberikan multiplier effect kepada masyarakat di sekitar kawasan The Mandalika serta pariwisata NTB,” tutup Ngurah.
BACA JUGA; Ambil Laptop, 4 Remaja Ini Dibekuk Polsek Ampenan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here