Beranda Nasional Pemda Lombok Tengah Akan Bangun 5 Pasar Tahun ini, Segini Anggarannya

Pemda Lombok Tengah Akan Bangun 5 Pasar Tahun ini, Segini Anggarannya

450
0
BERBAGI
sumber pihak ketiga

Koresponden Koranmerah ( Senen, 16/7)


Pemerintah daerah lombok tengah, melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Lombok Tengah akan melakukan repitaliasasi atau perbaikan pasar yang ada di sentra perekonomian masyarakat yang terbilang membutuhkan perhatian cepat.

Kepala dinas, H. Saman menyebutkan pihaknya sudah mengajukan banyak pasar ke pemerintah pusat untuk dilakukan perbaikan, namun pihaknya harus menerima berdasarkan penilaian pemerintah pusat hanya 3 pasar yang bisa dieksekusi tahun ini.

“ Ada 3 pasar yakni pasar Ganti, pasar Belike dan Pasar Teratak.” Kata Saman.

Saman menyatakan pembangunan pasar ini dananya 100 persen bersumber dari APBN melalui kementerian Perdagangan.

“ Banyak yang kita usulkan, tapi hanya 3 yang memenuhi syarat. Atau mungkin juga hanya segitu jatah sesui anggaran yang ada di pusat.”katanya.

“ Untuk masing masing pasar, anggarannya diatas Rp 1 Milyar.” Tambahnya.

Selain 3 pasar tersebut, Saman menjelaskan bahwa akan dibangun pasar Mandalika di Kuta, berdekatan dengan kawasan mandalika resort. Dimana pasar tersebut adalah pasar perbantuan, bukan pasar utama. Pasar tersebut akan dibangun oleh pemerintah pusat melalui kementrian perdagangan.

“ Nilai anggarannya diatas Rp 6 Milyar.” Katanya

Sementara itu, mengenai pembangunan pasar Kopang, Saman menyatakan pembangunan pasar tersebut di handle sepenuhnya oleh Dinas PU PR.

“ Itu kan pasar yang akan dibangun dengan anggaran pinjaman. Itu bukan kewenangan kita, itu berada di PU. Sepenuhnya dilakukan pengerjaannnya oleh Dinas PU PR.”katanya.

Saman menerangkan, Dinas Perdagangan hanya memberikan masukan agar pembangunan pasar tersebut disesuikan dengan juklak juknis tipe pasar, yakni tipe A, B dan C.

“ Kalau pasar kopang kan pasar transit. Namun kita memberikan masukan pasar ini harus Tipe A, yang harus dilengkapi dengan sarana-prasarana, produk yang dijual yang komplit, termasuk standar jumlah pedagangnya.”kata saman.

Kadis Perindustrian dan Perdagangan Lombok Tengah,H.Saman

Adapun beberapa waktu lalu, pemerintah daerah lombok tengah, melalui Bupati Lombok Tengah, Suhaili FT telah menandatangani perjanjian peminjaman dana dari PT.SMI sejumlah Rp 79 milyar untuk pembangunan pasar kopang yang didisain sebagai pasar transit antar propinsi yang modern.

BACA JUGA; Pilkada Lotim, Satu Komisioner KPU Masuk DKPP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here