Beranda Publik Politik Sebelum Mulai Diskusi, Ketua Komisi 2 Loteng Ajari Dewan Pemalang Cara Makan...

Sebelum Mulai Diskusi, Ketua Komisi 2 Loteng Ajari Dewan Pemalang Cara Makan Cerorot

275
0
BERBAGI
Kunjungan DPRD Kabupaten Pemalang di DPRD Lombok Tengah diajarkan cara memakan jajajanan Cerorot

Koresponden Koranmerah ( Selasa, 17/7)


Kunjungan Anggota DPRD Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah di DPRD Lombok Tengah berlangsung akrab. Kunjungan komisi B dan C ini dipimpin oleh wakil ketua DPRD Pemalang, KH.Mukhtarudin, hadir menerima rombongan ini, ketua komisi 2 DPRD Lombok Tengah, M.Samsul Qomar.

Sebagai tuan rumah yang baik, sekretariat dewan lombok tengah langsung menyuguhkan aneka jajanan kepada rombongan 20an orang tersebut.dimana dalam kotak jajanan itu terdapat juga jajanan khas sasak lombok yakni Cerorot.

Ketua komisi2 Samsul Qomar pun mempersilahkan tamu untuk mencicipi jajanan tersebut. Namun nampaknya ada sejumlah dewan pemalang yang tidak tahu persis cara makan cerorot. Jajan yang terbuat dari tepung beras dan gula merah ini lalu kemudian dimasukkan dalam pelapah muda kelapa ( janur) yang sudah dibentuk melingkar seperti terompet berukuran mini.

“ Sebelumnya, saya ingin bapak ibu membuka jajanan ini. sudah dibuka, ini nama jajan cerorot. “ sapa samsul qomar.

“ Jadi cara makannya, harus diginiin (dipelintir) dulu sampai hangat pak ya. ibu ibu semua udah nikah semua kan. baru dikeluarin ( dengan didorong ujung lancipnya). jadi bukan dibuka gitu ya ( dirusak).”seloroh politisi demokrat ini.

Mendengar penjelasan ketua komisi 2 tersebut, semua rombongan yang hadir serempak terbengong sambil tertawa.

“ Ooooo, gitu yaa,”sambil mempraktekkan.

Ternyata rombongan dari dewan kabupaten pemalang ini tidak paham betul bagaimana keunikan cara makan cerorot tersebut. Di lombok, jajan ini biasanya di sajikan ketika ada pesta sunatan hingga pernikahan.

Sementara itu, kepala bidang koperasi Dinas Koperasi dan UMKM Lombok Tengah, H.Syahidan yang turut hadir menerima kunjungan ini menyatakan pemda lombok tengah sedang berupaya untuk terus menggaungkan kuliner khas lombok, salah satunya jajanan. harapannya, sektor UMKM dibidang ini dapat bergerak.

“ Salah satu terobosan kita, adalah dengan menyuguhkan jajanan khas daerah ini saat rapat atau saat ada acara seperti ini.” Kata Syahidan

Ketua Komisi 2 DPRD Lombok Tengah, Samsul Qomar saat menerima kunker DPRD Pemalang

Menurut Syahidan, jajanan lombok tidak kalah nikmatnya dengan jajanan daerah lain, sehingga patut terus dipromosikan. tidak hanya mempunyai pangsa pasar lokal tapi juga bisa memiliki nilai jual lebih seiring dengan semakin menariknya pengemasan jajanan daerah.

“Untuk pengemasan pun, kita berikan pemberdayaan dan bantuan.” Katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here