Beranda Nasional Minggu Keramat. Ratusan Gempa Terjang Lombok. Ini Penjelasan BMKG Mataram

Minggu Keramat. Ratusan Gempa Terjang Lombok. Ini Penjelasan BMKG Mataram

350
0
BERBAGI
Kabupaten Lombok Utara luluh lantak akibat gempa 7.0 SR pada hari Minggu (5/8)

Koresponden Koranmerah ( Senen, 6/8)


Pulau Lombok terus dilanda gempa setelah gempa pertama kali pada hari Minggu, tanggal 29 Juli 2018 lalu. Tercatat ada 500 gempa susulan setelah gempa berkekuatan 6,4 SR yang berpusat di utara Lombok Utara itu.

Gempa dahsyat kembali terjadi pada Minggu (5/8) dengan kekuatan 7.0 SR. akibat gempa yang berpusat di sekitar gunung Rinjani ini membuat Lombok Utara luluh lantak.pasca gempa tersebut, gempa susulan kembali terjadi. ada 13 gempa yang dirasakan oleh masyarkat, namun tercatat disekita pusat gempa ada ratusan kali gempa susulan.

” Update Gempa Bumi Lombok M 7 (6 Agustus 2018) sampai pukul 17.00 WIB tercatat sebanyak 176 gempabumi susulan.” kata Kepala BMKG Mataram, Agus Riyanto.

Agus juga menyatakan gempa tidak bisa diperidiksi. namun demikian agus menghimbau warga untuk tidak termakan isu gempa susulan.

” BMKG tidak pernah mengeluarkan informasi gempa susulan. karena sampai saat ini tidak ada alat yang memprediksi gempa.” katanya.

Sementara itu dilaporkan Kabupaten Lombok Utara mengalami kerusakan parah. Kabupaten termuda di NTB itu mengalami kerusakan hampir 80 persen. terdiri dari bangunan pemerintahan, kesehatan, dan rumah warga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here