Beranda Nasional Pasca Gempa, Ahli Gempa ITB Minta Waspadai Gunung Rinjani Dan Gunung Agung

Pasca Gempa, Ahli Gempa ITB Minta Waspadai Gunung Rinjani Dan Gunung Agung

3799
0
BERBAGI
Irwan Meilano, Pakar Gempa dan Dosen Geodesi ITB meminta semua pihak untuk mewaspadi aktifitas gunung berapi setelah genpa Lombok

Koresponden Koranmerah ( Senen, 6/8)


Pakar Gempa dan Dosen Geodesi Institut Teknologi Bandung (ITB) meminta semua pihak untuk secara cermat mengamati aktifitas gunung berapi pasca gempa dahsyat di Pulau Lombok dengan kekuatan 7.0 SR.

Irwan Meilano menyatakan berdasarkan penelitian dan pengalaman yang sudah ada di indonesia. Aktifitas gempa tektonik biasanya diikuti oleh aktifitas vulkanik dari gunung berapi. Ini berkaca dari pengalaman dari gunung Talang, gunung Merapi, dan gunung Sinabung. gunung gunung tersebut meletus setelah terjadi gempa.

” Kita harus melihat dengan lebih detail bagaimana dengan gunung Rinjani, bagaimana dengan gunung Agung. Jadi sekarang mata kita harus lebih waspada untuk memahami potensi kenaikan aktifitas di gunung api tersebut.” kata Irwan saat memberikan keterangan di Metro TV.

Lebih lanjut, irwan menjelaskan hal tersebut tentu tidak diharapkan oleh semua pihak. Namun harus tetap menjadi perhatian dini agar mewaspadai kenaikan aktifitas gunung berapi, terutama gunung Rinjani yang ada di Lombok sebagai pusat gempa.

” Pengalaman kami, aktifitas tektonik memicu aktifitas vulkanik di indonesia.” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here