Beranda Nasional Gempa 6,5 SR. Gunung Rinjani Longsor, 2 Pingsan. Ini Keterangan BNPB

Gempa 6,5 SR. Gunung Rinjani Longsor, 2 Pingsan. Ini Keterangan BNPB

345
0
BERBAGI
Gunung Rinjani Longsor akibat gempa 6,5 SR

Koresponden Koranmerah ( Minggu, 19/8)


Gempa Keras kembali mengguncang Lombok pada hari Minggu,(19/8), yakni berkekuatan 6,5 SR. sebelumnya dalam waktu berbarengan, gempa dengan kekuatan 5.4 SR juga terjadi, praktis terjadi secara beruntun.Gempa ini berada di timur laut Lombok Timur, NTB.

Akibat gempa ini, sejumlah rumah di kawasan Sembalun Lombok Timur kembali hancur. tak hanya itu deretan bukit gunung Rinjani juga ambles akibat longsor. kejadian ini membuat panik warga sembalun.

” Intensitas gempa dirasakan 6 MMI alias keras di lombok timur. Ini menyebabkan longsor di beberapa titik di Gunung Rinjani mengalami longsor seperti di bukit Pegangsingan dan bukit Anak Dara.” kata Kepala Pusat Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho.

Lebih lanjut Sutopo menyatakan bahwa akibat gempa tersebut 1 orang luka ringan dan 2 orang pingsan.

” Aparat Babinsa TNI terus melakukan pendataan dan membantu warga masyarakat korban gempa. Daerah terdampak paling parah adalah Lombok Timur.”cuit Sutopo.

Sejak gempa pada tanggal 29 Juli lalu, hingga saat ini tercatat 466 orang dinyatakan meninggal dunia, korban ini akan terus bertambah seiring dengan kondisi warga yang masih terluka dan berada di tenda pengungsian.

Lombok sudah mengalami guncang gempa dahsyat sebanyak 4 kali yakni pada tanggal 29 juli dengan kekuatan 6,4 SR. Pada tanggal 5 Agustus dengan kekuatan 7.0 SR, pada tanggal 9 Agustus dengan kekuatan 6,2 SR dan pada tanggal 19 Agustus dengan kekuatan 6,5 SR.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here