Beranda Publik Politik Panen Raya Padi Organik Di Lombok Tengah. Bupati: Muncan Jadi Percontohan

Panen Raya Padi Organik Di Lombok Tengah. Bupati: Muncan Jadi Percontohan

273
0
BERBAGI
Panen raya Padi organik muncan
Bupati Lombok Tengah, Suhaili FT saat melakukan panen raya padi organik di desa Muncan

Koresponden Koranmerah ( Senen, 27/8)


Puluhan anggota kelompok Tani Subur Metandur Desa Muncan, Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah, Minggu (26/8) ikuti kegiatan Panen Raya Padi Organik dalam acara Farmer Field Day yang digelar di halaman salah seorang rumah warga setempat.

Bupati Lombok Tengah HM. Suhaili FT, SH pada kesempatan tersebut menyampaikan, masyarakat sudah saatnya meningkatkan cara pikier dan cara pandang mereka terkait dengan berbagai macam ilmu pengetahuan yang saat ini diberikan kepada mereka oleh lembaga-lembaga yang berkompeten, seperti lembaga yang dipercaya mengurus soal pertanian yang hasilnya pada hari itu akan dipanen.

” Walau tampaknya rumit, namun kalau para petani inginkan hasil yang lebih baik maka dengan sabar dan telaten harus menjalankannya dengan sebaik-baiknya agar kualitas hasil pertanian khususnya pada yang akan dipanen hari itu hasilnya benar-benar sesuai dengan yang diinginkan. Saat ini kita tidak bisa mau untung banyak tetapi maunya gratis. Apalagi pada zaman sekarang ini tidak ada yang tidak dibayar.” katanya.

Bupati menyampaiakan, saat ini dari hasil yang sudah dilakukan, sudah ada peningkatan satu ton dari hasil biasanya. Apalagi dengan metode yang sama dengan kualitas padi organik di Boyolali mampu menghasilkan hingga 20 ton per hektar.

Kedepan lanjut Bupati, untuk mengatasi persoalan air yang kadang-kadang menipis masuk ke wilayah Desa Muncan tersebut, akan dipuayakan dibangun sumur bor untuk beberapa hektar lahan khusus untuk mengairi sawah dengan system tanam organic tersebut.

“Sehingga hal itu sekaligus bisa menjaga kemurnian hasil padi organic ini dan tidak bercampur dengan padi yang ditanami biasa.“ imbuhnya.

Desa Muncan diharapkan kedepan menjadi salah satu desa penghasil padi organic. yang bisa diikuti oleh desa desa yang lain di Lombok Tengah.

Untuk diketahui, pada kegiatan tersebut Bupati dan pihak terkait juga memberikan bantuan bibit kepada para petani secara simbolis. Selain bibit, Bupati juga menyerahkan bantuan berupa mesin tanam pada kepada Kelompok Tani Subur Metandur Desa Muncat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here