Beranda Nasional Rincikan Kerugian Pariwisata Rp.7 Triliun. Faozal: Saya Yang Jadi Kadis Pun Pusing

Rincikan Kerugian Pariwisata Rp.7 Triliun. Faozal: Saya Yang Jadi Kadis Pun Pusing

487
0
BERBAGI
Kepala Dinas Pariwisata NTB, Lalu Muhammad Faozal saat berada di Apron Bandara

Koresponden Koranmerah ( Sabtu, 10/6)


Kepala Dinas Pariwisata NTB, Lalu Muhammad Faozal menyatakan akibat gempa yang melanda NTB, kini kondisi Pariwisata NTB dalam kondisi terpuruk. NTB kehilangan pangsa pasar wisata hampier 80 persen.

“ Kalau head to head pada priod yang sama. Ini priode yang memang bulan kunjungan kita, pada posisi normal, kita berhitung pada contoh lah destinasi gili, kalau periode normal tidak ada bencana gempa, paling tidak ada 3000 passanger (Red: pengunjung) yang masuk sehari untuk tiga gili.” Tutur Faozal.

Saat ini kondisinya, itu 3 Gili , yakni Trawangan, Air dan Meno berkurang drastis, hanya tinggal kurang dari setengahnya, yakni sekitar 1200-1300 passanger sehari. Biasa 28 pass boad, sekarang hanya  12 pass boad yang masuk ke 3 gili tersebut. Sementara itu untuk kerugian hilangnya wisman, maka dapat dihitung, jika rata rata satu wisman  membelanjakan uangnya US 1000 Dollar. Sementara diperkirakan ada 100.000 wisatawan mancanegara setiap bulannya.

“ Tapi kerusakan kita, aminitas kita, infrastruktur pelabuhan dan lainnya pariwisata kita, ya besar hampir Rp.7 Triliun ada. Kalau dihitung hotel hotel kita yang rusak, hampir 40 persen yang rusak berat.” Rinci Faozal.

Untuk itu, Pemerintah Propinsi menurut Faozal sedang gencarnya memulihkan kondisi wisata NTB dengan berbagai event yang akan digelar di Lombok dalam waktu dekat ini.

“ Recovery kita mudahan tidak lama. Ini ada event internasional Army, itu kita buat sebagai event internasional yang membuktikan kita ini aman. Recovery kita sudah oke gitu. Karena realnya selatan, kawasan Mandalika itu tidak terdampak. diasumsikan oleh luar, bahwa kita Lombok ini semua rusak. Ini kita suarakan ke luar.” Terangnya.

Oleh karena dengan kondisi yang ada, untuk tahun ini, NTB Gagal capai target 4 juta kunjungan wisatawan sesui amanat Pemerintah Pusat.

“ Ya mau bagaimana lagi ini kan force major. Target kita kalau sampai tahun baru dalam kondisi normal bisa sampai 1 juta, 3 bulan ini, bulan fix session. Apalagi orang bisnis, saya pun yang jadi kadisnya pun yang tidak punya bisnis, pusing juga ngeliatnya.” Pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here