Beranda Nasional Pokdarwis Loteng Antusias Ikuti Workshop Desa Wisata Oleh Kementerian Pariwisata. Ini Materinya

Pokdarwis Loteng Antusias Ikuti Workshop Desa Wisata Oleh Kementerian Pariwisata. Ini Materinya

535
0
BERBAGI
Kelompok sadar wisata (Pokdarwis) yang ada di lombok tengah antusias mengikuti kegiatan workhop pengembangan desa wisata melalui pendampingan yang berlangsung di desa wisata sasak Ende Sengkol, Lombok Tengah. ( 14-15/10/2018)

Koresponden Koranmerah ( Minggu, 14/10)


Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang ada di Lombok Tngah antusias mengikuti kegiatan Workhop Pengembangan Desa Wisata melalui Pendampingan yang berlangsung di desa wisata sasak Ende Sengkol, Lombok Tengah. ( 14-15/10/2018).

Acara ini diselenggarakan oleh Kementrian Pariwisata RI melalui Asdep Pengembangan SDM Pariwisata dan Hubungan Antar Lembaga Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan.

Para pengurus Pokdarwis ini diberikan materi berkaitan dengan langkah-langkah pengembangan desa wisata. Adapun para Pemateri dalam acara workshop ini yakni para praktisi kepariwisataan seperti Udi Hartoko, Rosena Aji Affandis dan Doto Yogantoro.

Adapun materi dari Doto Yogantoro memberikan arahan tentang cara menjual paket pariwisata di desa. Dimana Doto berharap Pokdarwis dapat menggali potensi desa sebagai bahan jualan wisata.

“ Sehingga para tamu wisatawan akan mendapatkan sensasi setelah berwisata di desa.” Ungkap Doto, pria yang sukses mengembangkan wisata desa di Jogja ini.

Setidaknya ada sejumlah paket yang bisa ditawarkan yakni paket Home Stay, Paket Seni Budaya, Paket Kuliner, Paket Olahraga dan Tantangan, Paket Edukasi, Paket Petualangan dan paket permainan di Desa.

“ Kita menyuguhkan paket kepada wisata yang berkaitan dengan makna kehidupan di desa yang mereka tidak pernah lakukan di tempat asal mereka.” Tandasnya.

Sementara itu, Udi Hartoko memberikan materi tentang pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Dimana udi memberikan cara teknis mendirikan BUMDes yang salah satu unit usahanya bergerak di bidang pariwisata.

“ Pokdarwis kita minta bisa membentuk BUMDes jika belum ada di desanya. “ Ungkapnya kepala desa ini.

Udi berharap semua desa di Lombok Tengah menyiapkan anggaran untuk BUMDes dan menyiapkan juga Sumber Daya Manusia nya sehingga BUMDes bisa memberikan peningkatan ekonomi masyarakat desa.

Sementara itu Pemateri Rosena Aji Affandis lebih menekankan pada penguatan kelembagaan Pokdarwis di desa. Ia mengajarkan langsung secara teknis penyusunan kelembagaan Pokdarwis di desa, mulai dari pembentukan Nama, Visi dan Misi, Target baik jangka panjang, menengah dan Panjang hingga penyusunan struktur kelembagaannya.

“ Jika kelembagan Pokdarwis tertata dengan baik, maka akan semakin mudah mengembangkan pariwisata di desa.”Pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here