Beranda Publik Politik Bursa Inovasi Desa Loteng, Ajang Dongkrak Kreatifitas Kades Biar Tidak Melempem

Bursa Inovasi Desa Loteng, Ajang Dongkrak Kreatifitas Kades Biar Tidak Melempem

307
0
BERBAGI
Bursa Inovasi Desa diselenggarakan Pemda Lombok Tengah

Koresponden Koranmerah ( Kamis, 18/10)


Pemerintah daerah Lombok Tengah, NTB menggelar Bursa Inovasi  Desa. Kegiatan ini masuk dalam rangkaian Hari Ulang Tahun Lombok Tengah yang ke 73. Kegiatan ini diselanggarakan di Ballroom SMKN 1 Praya, Kamis, (18/10).

Hadir dalam acara ini, sekitar 500 peserta yang berasal dari Kepala Desa, Perangkat Desa, BPD dan PKH yang ada di seluruh desa di Lombok Tengah. Hadir dalam pembukaan Bursa Inovasi Desa ini yakni Asisten 3 Sekda Lombok Tengah, Idham Khalid, kepala DPMD Lombok Tengah, Lalu Jalaludin, dan pejabat dinas DPMD Propinsi NTB.

Dalam sambutannya, kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Lombok Tengah, Lalu Jalaludin menekankan bahwa Bursa Inovasi Desa ini bertujuan untuk merangsang  para kepala desa dan perangkatnya untuk mencetus sebuah inovasi tentang ide dan dan gegasan serta gerakan yang berkaitan dengan pembangunan yang ada di desa.

“ Bursa Inovasi Desa adalah suatu forum penyebaran dan penukaran inisitiatif masyarakat yang berkembang di desa di Lingkungan pemerintah kabupaten Lombok tengah.” Kata Jalal.

Dikatakan Jalal, Bursa Inovasi Desa bertujuan sebagai ajang rembuk masyarakat desa dalam rangka memecahkan persoalan di desa sehingga tercapai suatu solusi yang dapat berdampak pada kemudahan hidup di desa. sehingga terwujud masyarakat desa yang memiliki daya tahan dan daya dukung yang baik dalam kehidupan sehari harinya.

“ Menjambatani pemerintah desa dalam mendapatkan solusi bagi penyelesaian masalah-masalah desa dan terciptanya kegiatan yang efektif dan inovatif.” Ujar nya.

Sementara itu, Bupati Lombok Tengah melalui Asisten 3 Sekda, Idham Khalid mengharapkan agar Bursa Inovasi Desa sebagai pola pendekatan pembangunan desa yang melibatkan semua unsur di desa dengan menemukan dan mengembangkan ide, gagasan dan kreatifitas yang berasal dari masyarakat desa. Pemda berharap kepala desa mampu menggali inovasi desa untuk memecahkan persoalan yang ada di desa.

“ Inovasi desa ini diharapkan mampu mempengaruhi perkembangan masyarakat desa sesui dengan target pembangunan desa.” Ujar Idham.

Pemda Loteng juga berharap Bursa Inovasi Desa ini juga diharapkan membuat kepala desa dapat memacu perkembangan di desa dengan mengedepankan nilai kemandirian. Sehingga cita cita desa mandiri akan semakin cepat terealisasi dengan didukung sendiri oleh kepala desa dan perangkat desa serta masyarakat desa yang peduli terhadap kemajuan desa masing masing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here