Beranda Hukum Kriminal Bibit Lobster Bernilai Milyaran Rupiah Ditangkap. Di Nelayan Saja Harga Per Ekor...

Bibit Lobster Bernilai Milyaran Rupiah Ditangkap. Di Nelayan Saja Harga Per Ekor Rp.40 Ribu

386
0
BERBAGI
Dit Polair Polda NTB mengamankan bibit Lobseter yang dibawa  oleh Sepeda Motor menujur Bali

Koresponden Koranmerah ( Sabtu, 20/10)


Tim Lidik Subdit Gakkum Dit Polair Polda NTB mengamankan bibit Lobseter yang dibawa  oleh Sepeda Motor merk Honda Vario dengan Nomor Polisi DR 2038 UA di Pelabuhan Lembar Kab. Lombok Barat, Kamis (18/10), sekitar pukul 17.00 wita.

Rencananya bibit Lobster akan dikirim ke Bali, tersangka (AJ) alamat JL. Diponogoro GG. 5B.NO.15 Pesanggaran Denpasar, yang kedapatan membawa Bibit Lobster, salah satu hewan yang dilindungi sesuai UU nomor 31 Tahun 2004 Tentang Perikanan dan Peraturan Menteri Kelautan Dan Perikanan Republik Indonesia Nomor 1/Permen-Kp/2015 Tentang Penangkapan Lobster (Panulirus Spp.), Kepiting (Scylla Spp.), Dan Rajungan (Portunus Pelagicus Spp.)

Dir Polair Polda NTB Kombes Pol I Made Sunarta, SE.,M.H mengatakan Pelaku menggunakan 1 (satu) unit Speda Motor Merk Honda Vario dengan Nomor Polisi DR. 2038 UA, berangkat dari desa Sengkol Lombok Tengah menuju Pelabuhan Lembar yang rencananya akan menyeberang ke Bali. Sedangkan bibit Lobster disimpan di dalam Kardus yang dibungkus plastik hitam berisi bibit Lobster sebanyak 2.062 Jenis Mutiara dan 3.141 Jenis Pasir, total seluruhnya sebanyak 5.203 bibit Lobster.

“Dit Polair Polda NTB sudah beberapa kali melaksanakan Penyidikan kasus seperti ini, namun pola dan cara kerja para pelaku sering berganti sehingga berhasil mengelabui petugas dengan cara berganti kendaraan, berganti orang dan berbagai macam cara lainnya agar tidak tertangkap. Subdik Gakkum masih mendalami dan mengembangkan kasus ini untuk menangkap para pelaku lainnya.” Terangnya.

Hasil pemeriksaan penyidik, Pelaku berinisial AJ telah ditetapkan sebagai tersangka dengan sangkaan pidana Pasal 88 Junto Pasal 16 Ayat 1 dan atau Pasal 100 Juncto Pasal 7 Ayat 2 Huruf j Undang-Undang RI Nomor 31/2004 tentang Perikanan sebagaimana telah diubah dalam Undang-Undang RI Nomor 45/2009.

“Untuk menyelamatkan sejumlah barang bukti (bibit lobster) Dit Polair Polda NTB akan melaksanakan pelepasan kembali, mengingat Bibit Lobster tidak bisa bertahan lama hidup di luar habitatnya” pungkasnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here