Beranda Publik Politik Banjir Dadakan Di Jalan Raya Bonder Akibat Sampah. Lubang Kali Buntu

Banjir Dadakan Di Jalan Raya Bonder Akibat Sampah. Lubang Kali Buntu

536
0
BERBAGI
Kondisi ruas jalan di desa Bonder pasca banjir akibat lubang kali yang buntu karena sampah

Koresponden Koranmerah [ Senin, 3/12]


Ruas jalan desa Bonder di dusun Ularnaga kerap kali terjadi banjir besar. Seperti yang terjadi Senin, [3/12], luapan air dari kali menggenangi badan jalan yang menyebabkan jalan tak bisa dilewati kendaraan. Badan jalan pun terkikis sekitar setengah meter yang terlihat mengakhawatirkan.

Masyarakat yang ada di sekitar dusun Ularnaga Desa Bonder, Kecamatan Praya Barat Lombok Tengah bergotong royong guna membersihkan sampah di selokan jembatan dekat ruas jalan yang menjadi penyebab meluapnya air kali Ularnaga ke jalan raya.

Menurut keterangan dari warga sekitar, Banjir di ruas jalan ini sudah kerap kali terjadi setiap tahunnya. Hal ini disebakan oleh kurang sadarnya warga di sekitar bantaran kali dengan membuang sampah di kali yang menutupi selokan air di bawah jalan.

” Kali yang ada di sini sudah terpenuhi dengan sampah, baik itu sampah organik maupun non organik, padahal kejadian meluapnya air kali disini bukan hanya terjadi tahun ini saja, setiap tahun bahkan setiap hujan turun, akan tetapi masyarakat disini tidak pernah jera dengan kejadian masa lalu.” Ungkap Muhir, salah satu warga dusun Ularnaga.

Meluapnya air kali di sekitar dusun Ularnaga ini diperkirakan mencapai 25 cm sehingga jalan raya di dusun ularnaga sampai dengan ke teras masjid Ummul Huda Ularnaga tertutup oleh genangan air saat musim hujan.

Warga juga menyatakan belum ada tindakan dari pemerintah desa untuk mengatasi persoalan tersebut. untuk itu warga berharap pemerintah melakukan revitalisasi di kali yang melewati jalan raya tersebut. Pengerukan bisa menjadi solusi persoalan ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here