Beranda Hukum Kriminal Penjual Blanko eKTP Anak Kadis, Dirjen Dukcapil: Cuma Iseng

Penjual Blanko eKTP Anak Kadis, Dirjen Dukcapil: Cuma Iseng

870
0
BERBAGI
Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Zudan Arif Fakrulloh Foto: Referensi

Editorial Koranmerah [Sabtu, 8/12]


Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyebutkan, penjual blangko e-KTP resmi di situs belanja online adalah anak dari Kepala Dinas Dukcapil di Tulangbawang, Lampung. Setelah dilacak, pelaku kini sudah diproses hukum.

“Si anak yang menjual ini mencuri blanko e-KTP punya ayahnya, ayahnya yang kebetulan Kepala Dinas Dukcapil (Tulangbawang) di Lampung.” Kata Cahyo dilansir tribunnews.com

Mendagri juga menegaskan, e-KTP yang diedarkan hanya untuk tindakan kriminal dan tidak ada aksi jebol e-KTP atas aksi tersebut.

“Dia ambil 10 kemudian dia jual,” ungkap Tjahjo.

Pencurian blangko e-KTP tersebut terjadi pada Maret 2018, saat ayahnya masih menjabat sebagai Kepala Dinas Dukcapil. Karena melihat blangko yang kosong, pelaku iseng menjual ke situs online.

Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, pelaku mengaku hanya iseng menjual blangko E-KTP di situs jual beli online.

“Cuma iseng. Ini memang keisengan yang risikonya terlalu besar. Jual 10 (blangko) hanya dapat (uang) Rp 500 ribu,” kata Zudan, Kamis (6/12/2018).Dilansir Tribunnews.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here