Beranda Publik Politik Heran Jadi Yang Terburuk, Fauzan Beberkan Prestasi Lobar

Heran Jadi Yang Terburuk, Fauzan Beberkan Prestasi Lobar

210
0
BERBAGI
Bupati Lombok Barat, Fauzan Khalid

Koresponden Koranmerah [ Rabu, 12/12]


Ombudsman merilis hasil penilaian kepatuhan untuk wilayah NTB dilaksanakan di 7 kabupaten, dari 7 kabupaten yang dinilai, Kabupaten Lombok Barat menjadi kabupaten dengan nilai paling buruk dengan nilai 44,68 berada pada posisi 162.

Hal ini mendapat respon langsung oleh Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid dengan beberapa penjelasan terkait penilaian tersebut.

“Tentunya ini sebagai bahan evaluasi untuk perbaikan tapi kami menta parameter penilaiannya untuk penyempurnaan aspek pelayanan dimaksud,” ungkap Fauzan.

Namun, Fauzan mengungkapkan  hasil penilaian ombudsman berbanding terbalik dengan usaha dan program yang dilaksanakan oleh Kabupaten Lombok Barat.

“Lobar juara 1 keterbukaan informasi publik 2 tahun berturut-turut, Disdukcapil sampai membuka pelayanan malam hari langsung turun jemput bola secara berkala dan reguler.” kata Fauzan menerangkan tentang pelayanan publik.

Dilanjutkan lagi, bupati 2 periode ini menjelaskan terkait dengan pelayanan kesehatan yang ada Lombok Barat.

“RSUD mendapatkan sertifikat pelayanan paripurna dari kemenkes, puskesmas se-lobar sudah tersertifikasi dan terakreditasi ( penilaian utamanya aspek pelayanan) dari kemenkes. Lobar satu-satunya kabupaten di NTB yang 100% puskesmasnya terakreditasi dan no 2 setelah kota Mataram.” jelasnya.

Fauzan mengira-ngira bahwa ombusman mengeluhkan tentang perjanjian dikarenakan banyaknya perpindahan semntara kantor-kantor perizinan yang ada di Lombok Barat, namun hal itupun beralasan karena 2019 Lombok Barat akan membangun yang digadang-gadang sangat representatif.

Dari 199 kabupaten yang dinilai di Indonesia, hanya 1 kabupaten yang memenuhi kriteria kepatuhan tinggi (zona hijau) yaitu Kabupaten Lombok Utara dengan skor 93,87 urutan 14.

Sementara ada 5 kabupaten yang berada pada tingkat kepatuhan sedang (zona kuning) yaitu Kabupaten Lombok Tengah dengan nilai 63,49 berada di posisi 113, Kabupaten Dompu dengan nilai 60,41 pada posisi 121, Kabupaten Lombok Timur dengan nilai 58,22 menempati posisi 127, Kabupaten Sumbawa Barat dengan nilai 57,69 pada posisi 128 dan Kabupaten Bima dengan nilai 56,97 berada di posisi 133.(cand)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here