Beranda Traveling dan Wisata Siapkan 303 Lapak, ITDC Beri Pelatihan Masyarakat Sekitar Kawasan Mandalika

Siapkan 303 Lapak, ITDC Beri Pelatihan Masyarakat Sekitar Kawasan Mandalika

257
0
BERBAGI
Suasana Pelatihan UMKM oleh ITDC untuk warga lingkar Kawasan Mandalika

Koresponden Koranmerah [Senin, 24/12]


PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang kawasan pariwisata the Mandalika, menyelenggarakan pelatihan dasar kewirausahaan UMKM kepada masyarakat yang menjadi mitra Bazaar Mandalika, bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan Bisnis PPKP Mataram.

Pelatihan yang berlangsung 19 – 23 Desember 2018 di Praya Lombok ini, dibuka pada 19 Desember 2018 oleh Camat Pujut, Lalu Sungkul, didampingi Kepala Bidang Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Lombok Tengah Irfan Dilaga, Deputy Project Director the Mandalika Adi Sujono yang mewakili manajemen ITDC.

Disamping itu, acara pembukaan ini turut dihadiri oleh Kapolsek Kuta, Perwakilan Danramil pujut, serta Kepala Desa Kuta. Bazaar Mandalika adalah sentra UMKM yang dibangun oleh ITDC merupakan kompleks khusus bagi para pedagang usaha mikro, kecil, dan menengah the Mandalika untuk berjualan barang atau jasa dagangnya.

Kompleks seluas 2 hektar ini memiliki kapasitas 303 lapak yang disiapkan sebagai komitmen ITDC dalam memberikan multiplier effect bagi masyarakat di dalam maupun sekitar kawasan the Mandalika. Program pelatihan bagi mitra Bazaar Mandalika merupakan salah satu program Bina Lingkungan yang disusun dalam bidang edukasi sebagai wujud kepedulian ITDC untuk pengembangan masyarakat dikawasan the Mandalika dan sekitarnya.

Tujuan utama diadakannya pelatihan ini adalah meningkatkan secara bertahap kompetensi kewirausahaan dan bisnis para mitra Bazaar Mandalika, sehingga mampu mendirikan usaha yang layak dengan memanfaatkan peluang yang ada di kawasan pariwisata the Mandalika.

ITDC berinisiatif untuk melakukan pelatihan ini setiap tahunnya, guna terus mendorong pembekalan yang cukup dan memicu kreativitas pedagang yang berjualan di Bazaar Mandalika. Disamping itu, Perusahaan juga melihat adanya potensi para mitra untuk terus dikembangkan kapasitasnya dalam bidang salesmelalui peningkatan hospitality di bidang pariwisata.

ITDC mendanai seluruh pelatihan yang berlangsung selama 4 hari yang diikuti oleh 88 orang peserta,
yang dibagi dalam dua sesi. Sesi pertama pada 19 – 20 Desember 2018 yang diikuti oleh 49 mitra Bazaar
Mandalika yang berprofesi sebagai pedagang usaha mikro, dan sesi kedua pada 22-23 Desember 2018
yang diikuti oleh 39 peserta yang berprofesi sebagai pedagang usaha kecil dan menengah.

Pelatihan terdiri dari berbagai materi dan games yang membahas dasar kewirausahaan, mencakup pemahaman perbedaan antara kebutuhan dan keinginan, kreativitas, dan strategi pemasaran, dengan pembicara utama Lindrawaty Angkawijaya selaku pelatih dari Lembaga Pengembangan Bisnis PPKP Mataram.

Lindrawaty Angkawijaya, MM mengatakan, “Games dimasukkan dalam materi pelatihan dengan tujuan agar peserta tidak bosan belajar menghadapi perubahan-perubahan yang ada di bisnis pariwisata yang cukup dinamis.” Katanya.

Sementara itu, Corporate Secretary ITDC Miranti Nasti Rendranti menyampaikan harapan dari pelaksanaan pelatihan kewirausahaan ini. “Kami berharap pelatihan ini dapat bermanfaat dan tepat sasaran bagi para mitra Bazaar Mandalika. Selain sebagaiupaya dalam pengembangan SDM local, kami berharap jiwa kewirausahaan para mitra bisa tumbuh sesuai dengan perkembangan global saat ini.” jelas Miranti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here