Beranda Nasional Update Korban Tsunami Selat Sunda, 281 Meninggal. Kemungkinan Bertambah

Update Korban Tsunami Selat Sunda, 281 Meninggal. Kemungkinan Bertambah

0
BERBAGI
Evakuasi korban Tsunami Selat Sunda di kabupaten Pandeglang, Banten

Editorial Koranmerah [Selasa, 24/12]


Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan hingga pukul 07.00 WIB pagi ini jumlah korban jiwa akibat musibah tsunami yang terjadi di Selat Sunda saat ini sudah mencapai 281 orang.

Sementara 1.016 orang lainnya mengalami luka dan 57 orang dinyatakan masih hilang. Sedangkan sebanyak 11.687 jiwa saat ini masih mengungsi ke lokasi aman.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan penanganan darurat terus dilakukan di daerah yang terdampak tsunami di Selat Sunda.

Prioritas penanganan darurat saat ini adalah koordinasi, evakuasi, pencarian dan penyelamatan korban, pelayanan kesehatan, penanganan pengungsi, perbaikan darurat sarana prasarana yang rusak.

“Kemungkinan data korban dan kerusakan masih akan bertambah mengingat belum semua berhasil didata. Pendataan masih terus dilakukan oleh petugas,” kata Sutopo dalam siaran pers yang diterima CNBC Indonesia di Jakarta, Senin (24/12).

Selain korban jiwa, terdapat juga kerugian secara fisik meliputi 611 unit rumah rusak, 69 unit hotel-vila rusak, 60 warung-toko rusak, dan 420 perahu-kapal rusak.

Korban dan kerusakan ini terdapat di lima kabupaten terdampak yaitu Pandeglang, Serang, Lampung Selatan, Tanggamus dan Pesawaran. Daerah pesisir di Kabupaten Pandeglang adalah daerah yang paling banyak jumlah korban dan kerusakannya dibandingkan daerah lain.

Secara detail, dari seluruh korban yang berhasil didata ini Kabupaten Pandeglang tercatat korban 207 orang meninggal dunia, 755 orang luka-luka, 7 orang hilang, dan 11.453 orang mengungsi.

Sementara kerusakan fisik meliputi 611 unit rumah rusak, 69 hotel dan vila rusak, 60 warung makan dan toko rusak, 350 perahu/kapal rusak, dan 71 unit kendaraan rusak.[CNBC]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here