Beranda Nasional Sebut Haiti di Afrika, Prabowo Diprotes Netizen

Sebut Haiti di Afrika, Prabowo Diprotes Netizen

0
BERBAGI
Prabowo Subianto, Referensi: Kompas

Editorial Koranmerah [Rabu,26/12]


Pidato Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto, kembali menjadi sorotan. Sebelumnya, beberapa pidato Prabowo diketahui menuai sejumlah kritikan. Sebut saja pidatonya mengenai ‘Muka Boyolali’ dan juga ‘Indonesia Punah’.

Kali ini, Prabowo kembali menuai kritikan setelah salah menyebut lokasi Haiti berada di Benua Afrika. Pidato tersebut ia sampaikan di hadapan ribuan jemaah Majelis Tafsir Alquran (MTA) di Jalan Ronggowarsito, Kota Solo, pada Minggu (23/12) kemarin.

Mengetahui pernyataan Prabowo tersebut, banyak warganet melayangkan protes lantaran faktanya Haiti berada di Benua Amerika dan bukannya di Benua Afrika. Bahkan, kata ‘Haiti’ sempat menjadi trending topic di Twitter pada Selasa (25/12) malam.

Bahkan, tag dengan kata ‘Haiti’ tersebut bahkan sudah mencapai angka 13 ribu cuitan didalamnya.

Twitter pun ramai dengan cuitan menanggapi soal ‘Haiti’. Banyak juga yang mengoreksi pidato Prabowo yang dinilai keliru. Mereka menyayangkan adanya kesalahan dalam menyebutkan Haiti sebagai negara yang berada di Benua Afrika. Salah satu kritikan pedas dilayangkan salah satu sastrawan Indonesia, Goenawan Mohamad.

“Prabowo bilang, Indonesia setara Haiti sebagai negara miskin. Coba cek Google: GNI per kepala Haiti 760 (2017). Indonesia 3.540 (2017). Untuk memenangi pemilu 2019, bohong rupanya halal,” tulisnya dalam akun @gm_gm.

Dilihat pada akun resminya, Goenawan juga mencuit menyuruh Ketua Umum Partai Gerindra itu untuk belajar peta bumi.

“Prabowo perlu belajar peta bumi: Haiti itu BUKAN di Afrika, tapi di Benua Amerika, di Karibea,” katanya.

Sumber:IDNTimes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here