Beranda Traveling dan Wisata Pesertanya Se-NTB, Pemilihan Putri Mandalika Diambil Provinsi ?

Pesertanya Se-NTB, Pemilihan Putri Mandalika Diambil Provinsi ?

130
0
BERBAGI
Pembukaan Pemilihan Putri Mandalika 2019 akan digelar mulai 22 Januari

Koresponden Koranmerah [ Jumat,11/1/]


Akibat menjadi Top Ten Wonderful Event Nasional, maka otomatis kegiatan inti Bau Nyale 2019 praktis dibawah kendali pemerintah provinsi dan pusat. Kabupaten Lombok Tengah hanya sifatnya mendukung dari setiap kegiatan yang sudah dibuat oleh pihak provinsi.

Kegiatan Bau Nyale tahun ini juga dimonitor dan disupervisi langsung oleh Kementerian Pariwisata. Anggaran untuk melaksanaan Bau Nyale ini juga banyak ditanggulangi oleh pemerintah pusat.

Salah satu kegiatan yang menjadi bagian wajib dari Bau Nyale adalah pemilihan Putri Mandalika. Sebelumnya pemilihan Putri Mandalika ini sepenuhnya menjadi kegiatan pemerintah daerah Lombok Tengah.

Namun mulai tahun ini, kegiatan tersebut dibawah monitoring dari Dinas Pariwisata Provinsi NTB. Setiap bagian dari kegiatan ini harus ada koordinasi dengan Disbudpar NTB.

Menurut Kepala Disbudpar NTB, Lalu Faozal, Pemerintah Provinsi akan membenahi kegiatan pemilihan Putri Mandalika ini. Dimana sejauh ini pemilihan Putri Mandalika hanya di Lombok Tengah saja, kini peserta boleh darimana pun wilayah NTB.

“ Bukan hanya si ivan [ketua paguyuban putri mandalika]. Tetapi ini sudah menjadi milik kita nasional. Peserta bisa jadi darimana-mana. Yang kita benahi adalah bagaimana rekrutmennya, bagaimana skillnya, bagaimana tampilannya. Bukan kita ambil alih ya.” Terang Faozal.

Sementara itu, ketua Paguyuban Putri Mandalika, Ahmad Rifani menyatakan pemerintah provinsi tidak mengambil pelaksanaan pemilihan Putri Mandalika. Namun karena kegiatan tersebut kini sudah menjadi gawe nasional, maka pelaksanaan pemilihan Putri Mandalika untuk tahun ini harus berkoordinasi dengan pemerintah provinsi. Semua tahapan pelaksanaan kegiatan harus juga dilaporkan ke Kementerian Pariwisata.

“ Tetap milik kita, tetapi cakupannya diperluas. Siapapun di NTB ini boleh ikut. Bahkan dari Lombok Barat dan Lombok Timur sudah mulai ada ikut mendaftar. Kita baru berikan jadwal acara karena akan dilaporkan ke pusat.” Kata pria yang kerab dipanggil Ivan ini.

Pemilihan Putri Mandalika akan dimulai pembukaan pendaftaran pada 22 Januari nanti. Sementara grand final akan dilakukan di Becingah Adiguna Praya lalu malam penobatannya pada puncak Bau Nyale pada 24 Februari malam di Pantai Seger Kuta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here