Beranda Hukum Kriminal Kronologi Terbakarnya Cafe New Surya. Ditaksir Kerugian Rp.10 Miliar

Kronologi Terbakarnya Cafe New Surya. Ditaksir Kerugian Rp.10 Miliar

749
0
BERBAGI
Cafe New Surya Senggigi terbakar, Senin [11/2/2019]

Koresponden Koranmerah [Senin,11/2]


Satu Unit Bangunan Cafe New Surya yang berada di Jalan Raya Duduk – Senggigi, Batu Layar Kab. Lombok Barat terbakar hebat sekitar pukul 17.10 Wita, Senin [11/2].

Dari rilis polisi berdasarkan keterangan Saksi mata, Riyan dan Bohari yang merupakan petugas kebersihan di kafe itu menjelaskan pada saat kejadian saksi sedang bekerja  untuk membersihkan area Cafe New Surya saat melakukan pembersihan di bangunan hall bagian atas.

Saat itulah Riyan dan Bohari melihat ada kepulan asap di bagian Hall lantai bawah tepatnya di tempat Exsos (Penyedot Asap) sofa nomor 6, yang mana api sudah menyala dan mulai membesar di tempat exsos tersebut.

Menurut keduanya, di lokasi tersebut juga terdapat AC pada titik api yang mereka lihat. Kemudian mereka berlari keluar dari bangunan Hall cafe new surya dan memanggil rekan kerja yang sedang berada di luar yakni piket security dan staf yang masuk siang.

Sekitar pukul 17.10 wita piket SPKT Polsek Senggigi telah memperoleh laporan bahwa telah terjadi kebakaran langsung mendatangi lokasi dan melakukan upaya pemadaman dan Kepala SPKT Polsek Senggigi jaga langsung menghubungi Dinas Damkar Lobar untuk melaporkan perihal kebakaran tersebut, agar menurunkan personil dan mobil damkar ke TKP.

Sekitar pukul 18.00 wita petugas dari Dinas Kebakaran Kab. Lobar tiba di TKP dan langsung melakukan upaya pemadaman api yang telah membakar areal bangunan Hall Cafe New Surya, menggunakan 4 mobil Damkar. Selain itu, polisi juga menerjunkan 3 unit mobil Water Canon.

Pada pukul 18.20 wita telah tiba bantuan dari Satuan Shabara Polres Lobar dan Polda NTB untuk mengamankan TKP dari warga yang memadati TKP serta melakukan upaya pemadaman api dengan menggunakan 3 unit Water Canon milik Dalmas Polda NTB, hingga pukul 20.00 wita Petugas Damkar dan Kepolisian terus berupaya memadamkan api yang mana api masih menyala di bangunan cafe new surya.

Sekitar pukul 20.30 wita, petugas berhasil memadamkan api selanjutnya masih melakukan upaya pendinginan untuk memastikan bara api yang masih menyala agar benar benar padam total.

Sementara itu keterangan dari Manager Cafe New Surya Dodi Fathurrahman menyampaikan bahwa dirinya mendapatkan laporan dari salah satu karyawannya yang melaporkan bahwa terjadi kebakaran di cafe.

” Untuk aktifitas di areal cafe yang dilakukan oleh karyawan hanya aktifitas rutin biasa. Untuk bagian bangunan cafe yang terbakar pada bagian Hall atas dan Hall bawah, gudang, dan sebagian Room,” katanya.

Sementara itu, terkait dengan kerugian akibat dari kebakaran tersebut, pihak manager memperkirakan kerugian dari kebakaran tersebut lebih kurang Rp.10 Miliar, namun pihaknya akan memastikan lagi setelah dilakukan pendataan.

Sementara itu terkait penyebab terjadinya kebakaran  tersebut belum bisa dipastikan dikarenakan belum bisa dipastikan, jika sudah ada laporan resmi polisi akan menerjuan Tim Labfor Bali untuk mengidentifikasi penyebab kebakaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here