Beranda Hukum Kriminal Gubernur Dan Wakil Gubernur NTB Dilaporkan. Ini Dugaan Pelanggarannya

Gubernur Dan Wakil Gubernur NTB Dilaporkan. Ini Dugaan Pelanggarannya

859
0
BERBAGI
Pegiat LSM saat melaporkan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB ke Bawaslu, Kamis [04/4]

Koresponden Koranmerah [Kamis, 04/4]


Gubernur Dan Wakil Gubernur NTB, Zulkifliemansyah dan Rohmi Djalilah resmi dilaporkan ke Bawaslu NTB, Kamis [04/4].

Pelaporan terhadap orang nomor 1 dan 2 di NTB itu lantaran keduanya dianggap melanggar berkenaan dengan Undang-Undang Pemilu.

Dimana untuk gubernur Zul dilaporkan karena tersebarnya foto baleho, yangmana bergambar dirinya saat memakai baju dinas gubernur. Dengan terpampangnya foto dirinya, maka dianggap memamfaatkan jabatanya sebagai pejabat publik untuk kepentingan partai tertentu. Dimana ia adalah kader partai PKS.

” Sebagai kepala daerah, kami menduga dengan sengaja memasang foto tersebut untuk mempengaruhi pemilih dan mendapat keuntungan secara politik untuk salah satu partai peserta pemilu, ” kata Apriadi Abdi Negara, Pegiat LSM di NTB.

Tindakan pemasangan foto Baleho bergambar gubernur dengan memakai baju dinas tersebut ditengarai bertentangan dengan PKPU no.23 tahun 2018 pasal 67 yang mengatur norma yang melarang pemerintah untuk melakukan tindakan yang menguntungkan dan merugikan salah satu peserta pemilu.

Sementara itu, Wakil Gubernur NTB, Rohmi Djalilah dilaporkan atas kehadirannya dalam kampanye pasangan 01 di lapangan nasional Selong, Lombok Timur pada tanggal 2 April lalu. Dimana Rohmi diduga hadir saat jam kerja.

” Kami melaporkan Wagub dengan tujuan untuk mengetahui, apakah yang bersangkutan dalam cuti atau tidak. Apakah prosedur cuti itu sesui dengan mekanisme sesui pasal 35 ayat 3 PP 32 tahun 2018. Selain itu juga pasal 60, 64 dan 281 yang mewajibkan kepala daerah untuk cuti saat ikut kampanye,” jelas pria berlatar advokat ini.

Lebih lanjut Abdi menerangkan terkait uraian pengaduan pelapor bertujuan agar proses demokrasi berjalan dengan baik dan mendapatkan kepastian hukum serta keadilan. Sehingga tidak ada pejabat negara yang berlaku semau-maunya dengan melanggar aturan.

” Serta untuk menunjukkan bahwa gubernur dan wagub adalah milik masyarakat NTB termasuk kami sebagai pelapor,” katanya

Lebih lanjut Gubernur dan wakil gubernur NTB diminta fokus melaksanakan tugasnya. Yangmana saat ini kondisi NTB masih terpuruk pasca gempa, proses recovery korban gempa belum usai ditambah lagi dunia pariwisata NTB, anjlok total.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here