Beranda Nasional Pemilu 2019 Paling Banyak Telan Korban. Polisi Dan Petugas KPPS Meninggal

Pemilu 2019 Paling Banyak Telan Korban. Polisi Dan Petugas KPPS Meninggal

529
0
BERBAGI
Petugas KPPS meninggal kelelahan pada Pemilu 2019

Editorial Koranmerah [Minggu, 21/4]


Pemilu serentak 2019 menyisakan nestapa. Sejumlah anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) hingga anggota Polri yang bertugas untuk menyukseskan penyelenggaraan Pemilu meninggal dunia.

Di Jawa Barat misalnya, setidaknya hingga Jumat (19/4) siang ada 10 petugas KPPS yang meninggal saat maupun setelah menjalankan tugas. Sebagian besar mereka meninggal karena serangan jantung atau kelelahan.

“Sejauh ini ada sekitar 10 orang (meninggal). Ini laporan dari petugas KPPS dari lima kota-kabupaten,” ucap Ketua KPU Jabar Rifqi Ali Mubarok di kantor KPU Jabar, Kota Bandung, Jawa Barat. dilansir detik.com

“Hampir semuanya ada serangan jantung karena faktor kelelahan. Ada juga meninggal setelah menerima laporan surat suara kurang ini mungkin stres (jadi beban pikiran). Kami terima laporan ini mungkin jadi bahan evaluasi,” sambung Rifqi.

Sementara itu, Mantan Ketua MK, Mahfud MD menjelaskan tafsir putusan MK soal Pemilu serentak yang tidak harus dilaksanakan pada jam dan hari yang sama.

“Sebenarnya istilah Serentak bisa ditafsir tak harus harinya sama, bisa saja dipisah. Kita bisa bahas lagi, termasuk threshold,” ujar Mahfud MD melalui akun twitternya.

Sedangkan Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan seluruh anggota Polri yang gugur dalam tugas pengamanan Pemilu 2019, mendapatkan penghargaan dari Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian. Yaitu, berupa kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi.

Sedikitnya ada sembilan anggota Polri yang meninggal dunia saat melaksanakan tugas pengamanan Pemilu 2019. Pihaknya pun menyatakan duka yang mendalam atas gugurnya putra-putra terbaik korps berbaju cokelat tersebut.

“Ada sembilan orang anggota Polri yang meninggal dunia saat tugas pengamanan TPS dan pascapenghitungan suara,” tuturnya.dikutip inews.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here