Beranda Publik Politik Peringatan Hari Kartini, Momentum Kebangkitan Perempuan Lombok Tengah

Peringatan Hari Kartini, Momentum Kebangkitan Perempuan Lombok Tengah

202
0
BERBAGI
Ketua PKK Lombok Tengah, Hj. Baiq Irma Budiani

Koresponden Koranmerah [Senin, 22/4]


Upacara Peringat Hari Kartini di Lombok Tengah dilaksanakan di halaman kantor Bupati, [22/4]. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh ASN dan ibu-ibu  PKK Lingkup Pemda Lombok Tengah.

Menjadi Inspektur Upacara tampil ketua PKK Lombok Tengah, Hj.Baiq Irma Budiani. Hadir juga ketua GOW Lombok Tengah, Hj. Baiq Nurul Aini.

Dalam amanatnya, Baiq Irma Budiani menekankan agar peringatan hari Kartini dapat menjadi momentum kebangkitan perempuan di Lombok Tengah.

” Hari ini kita memperingati hari kartini, hari yang menjadi simbol kebangkitan kaum wanita indonesia. kartini terlahir di zaman keterbatasan dan kaum wanita terpinggirkan. di saat itulah, kartini seakan menjadi oase pelepas dahaga keterbelengguan wanita,” katanya

Lebih lanjut, Baiq Irma menjelaskan perihal buku habis gelap terbitlah terang yang merupakan kumpulan surat menyurat antara raden ajeng Kartini dan sahabat penanya, yang berisi pandangan dari sosok pribadi kartini yang menyerap cahaya pengetahuan modern, dan menjadikan pengetahuan itu sebagai teropong kritis atas kekangan sistem feodal dan kolonial, yang menghambat kemajuan masyarakat jajahan di hindia-belanda.

Dimana pada tahun 1911, kumpulan surat-menyurat tersebut diterbitkan dan menjadi bacaan yang beredar luas di kalangan terpelajar.

Buku ini menuntun mereka dalam melihat arah kemajuan masa depan, dan menempatkan 4 pendidikan modern sebagai kunci kemajuan. kartini tumbuh sebagai warga dunia yang percaya bahwa pendidikan bagi kaum perempuan adalah kunci penting emansipasi manusia.

” Kini, 140 tahun sudah Kartini menginspirasi wanita indonesia. lantas pertanyaannya, bagaimana kita sebagai wanita masa kini, mengambil pelajaran dari cahaya keberanian dan kecemerlangan raden ajeng kartini yang mendobrak belenggu keterbelakangan dan kolonialisme?,” kata Baiq Irma bersemangat.

Menurut Istri Bupati Loteng ini, kaum wanita memegang peran yang sangat penting bagi kehidupan kita. Tidak hanya dalam kehidupan keluarga, juga dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. saat ini wanita telah banyak menempati posisi-posisi penting dan strategis. keberadaannya menjadi penentu.

” Tidak ada lagi halangan bagi kaum 5 wanita untuk berprestasi dan mengejar setiap impiannya. kita memiliki kesempatan yang sama dengan kaum pria. dengan kata lain, tidak ada alasan lagi bagi kaum wanita untuk mundur dan hanya menjadi pengikut,” katanya.

Namun demikian, menurut perempuan yang energik ini, tentu saja kaum wanita tidak bisa melepaskan diri dari kodratnya. Ia adalah ibu dari anak-anaknya, ia adalah istri yang berkewajiban taat dan patuh pada suaminya. menjadi keprihatinan atas prestasi yang mentereng, akan tetapi gagal memenuhi kewajibannya sebagai seorang ibu dan istri. sebaliknya, akan menjadi semakin berkilau jika mampu menyeimbangkan di antara keduanya.

” Di samping itu juga, kita tidak boleh memandang prestasi wanita secara liberal, yang hanya diukur dengan prestasi karir dan jabatan semata, baik dia di se 6 mengukur prestasi seorang wanita hanya dari kacamata semacam itu. karena sejatinya, menjadi wanita adalah anugerah yang diberikan kelebihan dan kekuatan yang lebih besar dibandingkan dengan kaum pria,”katanya.

Menurut Bunda Baca ini, bercermin dari kegigihan kartini, melawan arus di saat kolonilaisme dan feodalisme mendominasi, maka mari perempuan masa kini harus mengambil semangatnya dalam konteks membangun daerah hari ini. Perempuan menurutnya dituntut untuk belajar terus menerus guna meningkatkan kapasitas diri.

” Kita akan dapat menghadapi setiap tantangan yang ada. dan yakinlah, insyaallah wanita-wanita lombok tengah adalah wanita-wanita yang hebat yang siap dengan segala perubahan tanpa harus ikut merubah kodratnya. 8 selamat hari kartini. terima kasih atas segala perhatian,” kata Baiq Irma Mengakhiri amanatnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here