Beranda Publik Politik Pemda Loteng Gelar Festival Ramadhan. Dari Pasar Kuliner Hingga Santunan Yatim

Pemda Loteng Gelar Festival Ramadhan. Dari Pasar Kuliner Hingga Santunan Yatim

156
0
BERBAGI
Rapat persiapan Festival Ramadhan dipimpin Bupati Lombok Tengah, Minggu [5/5]

Koresponden Koranmerah [Senin, 6/5]


Pemerintah Daerah Lombok Tengah menggelar sejumlah kegiatan dalam rangka mengisi bulan suci Rahamdhan 1440 Hijriah.

Kegiatan ini berlangsung di alun alun Tastura Praya dengan tema kegiatan Festival Ramadhan 1440 Hijriah.

Dalam rapat yang digelar Pemda Loteng bersama sejumlah pihak terkait yang dihadiri bupati Lombok Tengah, [5/5], Suhaili menjabarkan sejumlah materi dari Festival Ramadhan ini. Dimana area alun alun Tastura dijadikan sebagai pusat jual beli kuliner menu buka puasa.

Pasar Kuliner ini, selain bertujuan sebagai pusat untuk memenuhi kebutuhan berbuka puasa, namun Suhaili menyebutkan sebagai cara Pemda Loteng guna memfasilitasi masyarakat untuk mendapatkan penghasilan di bulan suci ini.

” Semua pihak harus mendukung dan memfasilitasi masyarakat yang berusaha unttk mengais rezeki,” kata Suhaili.

Selain itu, bupati juga menyebutkan setiap hari ada santunan bagi tak kurang 100 anak yatim di lokasi ini. Menurut Suhaili, Anak yatim tidak boleh dikebikirikan selama puasa ini. Mereka berhak menerima limpahan karunia selama bulan suci ini, sehingga semua masyarakat Lombok Tengah bergembira dalam beribadah.

Untuk yatim dan fakir diberikan Voucher senilai Rp. 50 ribu untuk makan minum yang disiapkan oleh OPD. Sedangkan untuk santunan uang disiapkan oleh Baznas Lombok Tengah. Sementara itu setiap harinya, Pemda juga menyiapkan takjil gratis bagi warga yang berbuka di lokasi Festival Ramadhan ini.

” Memberikan ruang kepada siapapun untuk bisa membantu masyarakat terutama para yatim piatu maupun fakir utk bisa bergembira menikmati Ramadhan,” katanya.

Dari rapat ini juga dijelaskan bahwa kegiatan Festival Ramadhan setiap harinya dimulai dengan Sholat berjamaah Ashar. Lalu setelah itu ada pengajian dan kegiatan religi lainnya hingga berbuka.  Kemudian Solat berjamaah Magrib hingga sampai solat Taraweh dilakukan di tempat ini.

” Kegiatan ini tiada lain dimaksudkan untuk mengisi Ramadhan dengan kegiatan positif dan untuk mengejawantahkan visi Loteng Beriman,” tandas bupati dua priode ini.

Selain melibatkan Baznas Dan OPD, Dalam Festival Ramadhan ini terlibat juga sejumlah komunitas dari berbagai minat dan juga BUMN.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here