Beranda Nasional Kebut MotoGP, Jokowi Harap Mandalika Segera Menjadi Bali Baru

Kebut MotoGP, Jokowi Harap Mandalika Segera Menjadi Bali Baru

312
0
BERBAGI
Presiden Jokowi saat tinjau Kawasan KEK The Mandalika, Jumat [17/5]

Koresponden Koranmerah [Jumat, 17/5]


Presiden Joko Widodo hari ini, Jumat [17/5] berkunjung ke Lombok. Kunjungan Jokowi kali ini bertujuan untuk mengetahui prospek pembangunan yang ada di Kawasan Ekonomi Khusus [KEK] Mandalika, baik itu pembangunan Hotel, pembangunan Infrastruktur MotoGP dan jalur Bypass dari Bandara Internasional Lombok ke KEK Mandalika.

Jokowi tiba di Bandara Internasional Lombok sekitar pukul 11.00 wita yang disambut oleh Gubernur NTB, Zulkieflimansyah. Bersama sejumlah menteri, seperti Menteri PUPR dan Menteri Sekretaris Kabinet dan sejumlah pejabat, Dia langsung mengunjungi kawasan Mandalika Resort.

Di KEK Mandalika, Jokowi disambut oleh pejabat ITDC dan bupati Lombok Tengah. Ia kemudian meninjau sarana-prasarana bagi wisatawan yang ada di sekitar pantai Kuta berupa Balawisata.

Selain itu, disini presiden mendapatkan penjelasan dari ITDC tentang prospek pembangunan hotel di kawasan Mandalika.

” Untuk hotelnya sudah ada 7 yang sewa dan 3 yang bagun. Ini adalah perkembangan yang sangat bagus. Dan fasilitas disini juga mulai dibangun tadi. Coba dilihat toilet umumnya dengan standar yang tinggi,” kata Jokowi dalam sesi wawancara dengan media.

Jokowi melanjutkan, kunjungannya ini juga guna memastikan percepatan pembangunan fasilitas yang berkaitan dengan MotoGP untuk mencapai target operasi pada tahun 2021.

Salah satu infrastruktur yang sebentar lagi dikerjakan kata Jokowi, adalah jalan Bypass dari Bandara ke KEK Mandalika selebar 50 meter.

” Penlok [penetapan lokasi] sudah. Sehingga kita harapkan konstruksi paling lambat itu pada Januari tahun 2020. Sehingga pada 2020, semua fasilitas yang diinginkan oleh MotoGP itu, betul betul sudah siap,” kata mantan Gubernur Jakarta itu.

Dengan pembangunan fasilitas ini, Jokowi berharap pihak perusahaan yang menangani MotoGP ini yakin dengan keinginan Indonesia untuk dijadikan tempat sebagai sirkuit MotoGP kelas dunia.

” Sehingga tahun 2021, betul betul bisa melihat bersama-sama MotoGP bisa diselenggarakan di Mandalika Lombok,” Kata Kader PDIP ini.

Sementara terkait anggaran, baik untuk perluasan bandara dan pembangunan jalan Bypass dari Bandara ke KEK Mandalika, Dia menjelaskan semuanya berasal dari pembiayaan negara. Semua ini dilakukan untuk mempercepat proses pengembangan Kawasan The Mandalika sehingga bisa menyamai pulau Bali yang sudah maju dan terkenal terlebih dahulu.

” Memang kita ingin segera selesaikan. Sehingga perkembangan Mandalika betul-betul menjadi Bali Baru,” pungkas mantan walikota Solo itu.

Usai dari KEK Mandalika, Jokowi kemudian ke dusun Sasak, Sade Rambitan. Disini Jokowi Sholat Jumat. Usai Sholat Jumat, Ia disuguhkan dengan presean daan juga melayani photo bersama warga. Setelah itu, Jokowi bertolak ke Bali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here