Beranda Nasional Marah, Filipina Tarik Diplomatnya Dari Kanada Karena Sampah

Marah, Filipina Tarik Diplomatnya Dari Kanada Karena Sampah

0
BERBAGI
Tumpukan Sampah/Net

Editorial Koranmerah [Minggu, 19/5]


Pemerintah Manila menarik pulang diplomatnya dari Kanada setelah Ottawa gagal mengambil kembali bertruk-truk sampah yang dibuangnya di wilayah Filipina beberapa tahun lalu.

Lewat Twitter Menteri Luar Negeri Teodoro Locsin Jr, hari Kamis (16/5/2019), menulis bahwa sampai Kanada mendatangkan kapal untuk mengangkut kembali sampahnya, Filipina tidak akan menghadirkan perwakilan diplomatiknya di Kanada.

Sebuah perusahaan Kanada secara ilegal membuang sampah lebih dari 100 kontainer di wilayah Filipina antara tahun 2013 dan 2014. Pemerintah Kanada mengambil alih tanggung jawab untuk mengangkut kembali sampah-sampah itu, tetapi gagal memenuhi target waktunya.

Persoalan sampah itu semakin memanas bulan lalu ketika Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengancam perang terhadap Kanada.

“Mereka mengirimkan sampah-sampahnya ke kita. Well, tidak bisa begitu lagi sekarang. Kita akan bertengkar. Bagaimana kalau kita bertengkar dengan Kanada? Kita akan nyatakan perang dengan Kanada, kita dapat mengalahkan mereka,” kata Duterte 23 April lalu saat rapat membahas dampak gempa di Pampanga seperti dilansir RT.

Duterte menyeru agar dipersiapkan kapal-kapal untuk mengangkut kontainer-kontainer berisi sampah tersebut dan menyarankan Kanada agar mempersiapkan sambutan meriah untuk kedatangan sampah mereka. Duterte juga mempersilahkan rakyat Kanada untuk “memakan sampah-sampah” tersebut kalau mau.[Hidayatullah]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here