Beranda Publik Politik Kanwil Kemenag NTB Gelar Safari Ramadhan di Waje Geseng. Beri Sumbangan Ke...

Kanwil Kemenag NTB Gelar Safari Ramadhan di Waje Geseng. Beri Sumbangan Ke Ponpes

150
0
BERBAGI
Foto Bersama: Kakanwil Kemenag NTB, Drs. H. Nasruddin, MPdi dan Kakanmenag Loteng, H. Jalalussayuthi saat safari Ramadhan di Pondok Pesantren Darussyafiiyah NW Peseng, Desa Waje Geseng

Koresponden Koranmerah [Kamis, 23/5]


Kantor Wilayah Kementerian Agama NTB bersama Kantor Kementerian Agama Lombok Tengah menggelar Safari Ramadhan di Pondok Pesantren Darussyafiiyah NW Peseng, Desa Waje Geseng, Lombok Tengah, [22/5].

Dalam Safari ini hadir sejumlah pejabat dari Kanwil Kemenag NTB seperti Kepala Kantor Wilayah Kemenag NTB, Drs. H. Nasruddin, MPdi, Kabag TU, Kabid Pendidikan Madrasah, kabid Bimas Islam, dan Kabid Pakis. Sementara jajaran Kemenag Loteng, Hadir kepala kantor Kemenag Loteng, H. Jalalussayuthi, Kasubbag Humas, sejumlah Kasi dan Kepala KUA serta pimpinan Pondok Pesantren di Lombok Tengah.

Acara ini dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Ustad H.Sabarudin dilanjutkan dengan pengajian ramadhan oleh Ustad H.Nuruddin.

Dimana dalam pengajian yang diberikan oleh kasi penerangan islam ini menekankan agar umat islam menjaga kemuliaan bulan suci ramadhan dengan beribadah dan melakukan kegiatan positif.

Usai pengajian, dilanjutkan dengan penyerahan bantuan kepada 7 Pondok Pesantren berupa dana operasional madrasah dan juga pembangunan fisik. Pemberian ini dilakukan oleh kepala Kanwil Kemenag NTB bersama Kakamenag Lombok Tengah.

Sementara itu, dalam sambutannya, kepala Kemenag Loteng, H. Jalalussayuthi menyatakan kegiatan ini adalah bentuk silaturahim dengan pengelola pondok pesantren dan masyarakat Lombok Tengah. Dimana acara ini juga dirangkaikan dengan pembinaan ASN yang akan diberikan oleh Kakanwil Kemenag NTB.

Kakanmenang Loteng juga melaporkan sejumlah kegiatan yang dilakukan selama bulan ramadhan ini. Di dalam safari ini selain bertujuan untuk bertemu dan berdialog dengan pengelola pondok pesantren, tapi juga Kemenag Loteng membawa sejumlah bantuan, baik berupa dan  pembinaan dan bingkisan berupa sarung dan Alqur’an yang mencapai 2000 lebih.

” Selama bulan ramadhan ini kami menggelar safari ramadhan menyapa pondok pesantren. Ada 12 titik yang dikunjungi, baik pondok pesantren maupun madrasah,” katanya.

Selain kegiatan itu, Kemenag Loteng juga melakukan safari Ramadhan bersama Pemda Lombok Tengah. Safari ini juga mengunjungi 12 titik di 12 kecamatan.

” Terakhir kami berterima kasih kepada Pondok Pesantren Darussyafiiyah NW Peseng yang sudah memfasilitasi dan yang sudah memberikan tempat,” pungkas Jalalussayuthi.

Sementara itu, Dalam arahannya, Kepala Kanwil Kementerian NTB, Kepala Kantor Kemenag NTB, Drs. H. Nasruddin menyatakan safari ramadhan yang dilakukan di Lombok Tengah ini sudah ke-9 kali dilakukan. Mulai dari pulau Bima, Dompu dan Sumbawa hingga kota Mataram.

” Ini adalah semata-mata untuk bersilaturrahmi. Kalau pembinaan ASN sudah sangat sering. Namun semangatnya adalah melihat secara dekat. Menyapa pondok-pondok pesantren yang ada di seluruh NTB,” katanya.

Dalam kesempatan ini, Nasruddin menyerukan agar ASN di Lingkup Kantor Kementerian Agama NTB untuk membangun kebersamaan. Dengan kondisi ini, maka kinerja para ASN akan lebih produktif dalam memajukan dunia pendidikan islam.

” Dalam artian, jika kita ditugaskan di salah satu madrasah negeri, maka hendaknya kita membangun rasa kebersamaan dan persatuan. Begitu juga dalam internal Kemenag Lombok Tengah ini, kita ingin dibuat situasi dan kondisi kebersamaan. Bersatu, kompak. Tidak ada pemisahan baik rasa maupun implementasi yang kita perlihatkan,” jabar Nasruddin dengan detail.

Dengan membangun tim yang baik dan solid, maka Kakanwil berharap, kinerja semua ASN dalam menjalankan program kementerian agama di setiap tingkatan yang sudah direncanakan.

Sementara itu, terkait dengan bantuan yang diberikan ke Pondok Pesantren, Kakawil Kemenag NTB berharap bisa meringankan beban bagi pengelola Ponpes tersebut.

” Semoga bantuan yang tidak banyak, bisa bermamfaat bagi proses belajar mengajar pondok pesantren,” tambahnya.

Acara Safari Ramadhan Kanwil Kementerian Agama NTB ini ditutup dengan buka bersama dan sholat magrib berjamaah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here