Beranda Publik Politik Tahun Ini, NU Dan Muhammadiyah Sepakat Idul Fitri 5 Juni

Tahun Ini, NU Dan Muhammadiyah Sepakat Idul Fitri 5 Juni

187
0
BERBAGI
Ketua PP Muhammadiyah, Haedar Nasir/Net

Editorial Koranmerah [Selasa, 6/4]


Nahdlatul Ulama menetapkan 1 Syawal 1440 Hijriah atau Hari Raya Idul Fitri tahun ini jatuh pada Rabu, 5 Juni 2019. Keputusan itu diambil setelah Tim Rukyatul Hilal Lembaga Falahiyah PBNU melakukan rukyatul hilal bil fi’li (observasi hilal) di beberapa lokasi pada Senin (3/6/2019).

“Atas dasar istikmal tersebut dan berdasar pendapat madzahibul arba’ah (4 imam madzab), maka Nahdlatul Ulama mengikhbarkan (memberitahukan) bahwa 1 Syawal 1440 H (hari raya Idul Fitri) jatuh pada hari Rabu, tanggal 5 Juni 2019,” ujar Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Robikin Emhas melalui keterangan tertulis, Senin petang. dilansir Kompas.com

Dengan segera berakhirnya bulan Ramadhan, NU berharap amal ibadah masyarakat diterima oleh Allah SWT. “Selamat menutup bulan Ramadhan dengan amal ibadah terbaik dan selamat menyongsong Hari Raya Idul Fitri 1440 H,” ujar Robikin.

Sedangkan sebelumnya, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah menetapkan 1 syawal 1440 hijriyah jatuh pada tanggal 5 Juni 2019. Penetapan tersebut berdasarkan hasil hisab haqiqi dari majelis tarjih dan tajdid PP Muhammadiyah.

“Pimpinan Pusat Muhammadiyah melalui majelis tarjih dan tajdid telah menetapkan bahwa 1 syawal 1440 hijriyah jatuh pada tanggal 5 Juni 2019,” kata Ketua PP Muhammadiyah, Haedar Nashir. dilansir detiknews.com

Hal itu disampaikan Haedar kepada wartawan di Kantor PP Muhammadiyah Jalan Cik Ditiro No 23 Yogyakarta, Kamis (30/5/2019).

“Karena itu, berkaitan dengan idul fitri 1440 Hijriyah kami mengucapkan selamat idul fitri, taqabbalallahu minna wa minkum, mohon maaf lahir dan batin,” sambungnya.

Haedar berharap momentum 1 syawal atau idul fitri 1440 hijriyah dijadikan sebagai sarana untuk saling memaafkan, dan sarana untuk merekatkan kembali persaudaraan kita sebagai bangsa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here