Beranda Publik Politik Kapolda NTB Bicara KEK Mandalika Dan Pembebasan Lahan MotoGP dan Jalan By...

Kapolda NTB Bicara KEK Mandalika Dan Pembebasan Lahan MotoGP dan Jalan By Pass

203
0
BERBAGI
Kapolda NTB, Irjen Nana Sudjana saat berkunjung ke Polres Loteng

Koresponden Koranmerah [Jumat, 21/6]


Kapolda NTB Irjen Pol Drs Nuna Sudjana, A.S ,MM melaksanakan kunjungan kerja seklaigus  menggelar silaturrahmi bersama berbagai elemen di Lombok Tengah yang bertempat di Polres Lombok Tengah, Kamis [21/6].

Dimana dalam kesempatan itu pihaknya menyampaikan berbagai hal terutama dari segi keamanan dalam mendukung keamanan di kawasan wisata terutama di KEK Mandalika Desa Kute Kecamatan Pujut.

Bahkan, pihaknya melakukan penekanan khusus untuk pengamanan pariwisata itu, dimana pihak Polda akan memaksimalkan upaya pengamanan dengan melakukan MOU atau kerjasama dengan pihak ITDC terkait pengamanan terutama bagi para wisatawan yang akan berkunjung dikawasan wisata itu.

“Kita juga didukung oleh TNI untuk melaksanakan MOU ini dan memang  yang menjadi perhatian kami adalah menjamin pengamanan para turis, bahkan di KEK Mandalika kita sudah usulkan ke Mabes Polri untuk pos pengamanan dan peningkatan status Polsek dari tipe prulal menjadi urban dan kita berharap dengan peningkatan ini kita bisa menambahkan personil dan bisa lebih profesional bagi para anggota,” ungkap Kapolda NTB, Kapolda NTB Irjen Pol Drs Nuna Sudjana.

Terkait dengan pembebasan lahan baik untuk lahan MotoGP dan jalan tol dari Bandara- Kute, pihaknya mengaku setelah melakukan koordinasi kepada pihak ITDC agar memberikan waktu tiga bulan untuk warga yang lahanya masuk di ITDC untuk diselesaikan secara musyawarah.

“Hanya saja untuk saat ini bagi yang lahannya belum selesai maka ITDC meminta kepengurusan harus melaui pengadilan, jadi silahkan menempuh jalur hukum karena itu lebih baik,”tambahnya.

Dalam kesempatan itu, pihaknya meminta dukungan masyarakat dalam menjaga Kamtibmas yang ada saat ini. Karena itu penting  untuk menjaga keamanan yang melibatkan seluruh element masyarakat, terlebih Provinsi NTB dikenal dengan daerah seribu masjid yang memiliki pesona yang indah dan subur dengan berbagai potensi yang ada.

“Sayapun melihat perkembangan di Lombok Tengah sendiri ada dua sektor unggulan pembangunan nasional. Percepatan kawasan industri KEK Mandalika dan pembangunan pariwisata.   Terkait pariwisata memang sangat indah,  tidak terlalu beda dengan Bali. Begitu juga dengan di Lombok Tengah yang kondisinya sangat indah,”tegasnya.

Keamanan harus dijaga, terlebih dengan adanya rencana seperti sirkuit MotoGP, sehingga pihaknya percaya kalau pariwisata ini berjalan dengan lancar, maka akan muncul kesejahtaraan.

“Namun syaratnya untuk itu harus keamanannya terjamin. Karena jika sudah aman maka akan menjadi daya tarik kita kedepanya.  Makanya harus di topang dengan keamanan,”tegasnya.

Lebih lanjut, Dia meminta khususnya peran kepala desa untuk mendukung berbagai potensi yang ada. Maka berbagai hal yang nantinya membuat kesan yang tidak baik bagi Daerah, maka seharusnya bisa diminimalisir.

“Terutama menjelang Pilkada jangan sampai terjadi hal- hal yang tidak kita inginkan. Jangan kita jadikan perbedaan pilihan hanya akan membuat daerah tidak nyaman. Potensi wisata yang ada harus kita kembangkan dengan dukungan semua pihak,”jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here