Beranda Hukum Kriminal MUI Tak Jadi Keluarkan Fatwa Terkait Wanita Bawa Anjing Ke Masjid

MUI Tak Jadi Keluarkan Fatwa Terkait Wanita Bawa Anjing Ke Masjid

214
0
BERBAGI
Viral Video wanita bawa anjing dan pakai sepatu ke Masjid Masjid Al-Munawaroh, Sentul

Editorial Koranmerah [Rabu, 03/7]


Majelis Ulama Indonesia (MUI) tidak jadi mengeluarkan fatwa khusus terhadap kasus wanita yang membawa anjing ke dalam Masjid Al-Munawaroh, Sentul, Bogor.

Wakil Ketua Umum MUI, Yunahar Ilyas mengatakan bahwa fatwa terkait kehormatan dan kesucian rumah ibadah telah ada dan sudah menjadi hal umum yang seharusnya diketahui masyarakat. Atas alasan itu, pihaknya tidak lagi mengeluarkan fatwa yang masih berkaitan.

“Secara (fatwa) khusus nggak ada, tapi tentang kehormatan, kesucian rumah ibadah sudah menjadi pengetahuan umum. Jadi yang di fatwa itu sesuatu yang belum ditetapkan,” ujarnya kepada wartawan di Kantor Pusat MUI, Jakarta Pusat, Selasa (2/7).

Yunahar berujar, pihaknya menyayangkan adanya tindakan seperti itu. Sebab, menghormati rumah ibadah bukanlah hal baru yang seharusnya dilaksanakan setiap masyarakat.

“Kalau dalam Islam memang sama semua, kita menghormati rumah ibadah, masjid, gereja, klenteng, semua harus dihormati dan sudah jadi pengetahuan umum menghormati rumah ibadah masing-masing,” jelasnya.

Masuk ke dalam masjid sudah memiliki aturan tersendiri di masyarakat. Seperti, tidak boleh masuk dengan menggunakan alas kaki dan harus mengenaikan pakaian yang sopan.

“Non muslim boleh masuk masjid, tapi dengan pakaian yang sopan. Kalau kejadian ini kan masuk masjid, pakai sepatu, kemudian membawa anjing,” tandasnya.

Sebelum melakukan rapat pimpinan, Yunahar sempat menyebut kemungkinan MUI mengeluarkan fatwa dalam kasus wanita membawa anjing ke masjid.

Diketahui, Suzethe Margaret (52) seorang wanita paruh baya yang membawa anjing ke dalam Masjid Al-Munawaroh, Sentul, Bogor telah ditetapkan sebagai tersangka oleh pihak kepolisian Polres Kabupaten Bogor. SM dijerat dengan pasal 156a KUHP tentang penodaan atau penistaan agama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here