Beranda Publik Politik Audisi Duta Lingkungan Hidup PWLT, Walhi NTB: Setengah Pekerjaan Pemerintah

Audisi Duta Lingkungan Hidup PWLT, Walhi NTB: Setengah Pekerjaan Pemerintah

145
0
BERBAGI
Direktur Walhi NTB, Murdani saat memberikan materi dalam Audisi Duta Lingkungan Hidup PWLT

Koresponden Koranmerah [Sabtu, 27/7]


Audisi Duta Lingkungan Hidup yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Lombok Tengah telah dimulai sejak hari Sabtu, 27 Juli 2019. Audisi yang diikuti oleh lebih dari 100 peserta ini dimulai dengan pemberian materi yang mengambil tempat di rupatama Pemkab Lombok Tengah.

Hari ini yang memberikan materi tentang lingkungan hidup sekaligus membukan rangkaian kegiatan audisi yakni kepala Dinas Lingkungan Hidup, Lalu Rahardian. Selanjutnya materi diberikan oleh direktur Wahana Lingkungan Hidup [Walhi] NTB, Murdani.

Selain diberikan materi tentang wawasan tentang lingkungan hidup, peserta juga diberikan pengentahuan tentang keperibadian, salah satunya adalah tentang pernikahan dini dan reproduksi dari DP3KB Lombok Tengah.

“ Kegiatan ini sangat penting. Ini adalah salah satu pekerjaan pemerintah yang paling berat, yakni membangun manusia agar sadar dengan Lingkungan Hidup, “ kata Kadis Lingkungan Hidup, Lalu Rahardian dalam pembukaan kegiatan ini.

Rahardian berharap kegiatan ini terus ditingkatkan tiap tahunnya. Ia juga mengharapkan para peserta mengikuti kegiatan ini dengan serius sehingga dapat memberikan mamfaat bagi lingkungan sekitar.

“ Kita berharap agar duta lingkungan hidup ini nantinya bisa menularkan tentang pemeliharaan lingkungan ke lingkungan terkecilnya, ke adek, kakak dan orang tua. Itu minimal,” tandasnya.

Sementara itu, Direktur Walhi usai memberikan materi memberikan apresiasi terhadap pelaksaaan Audisi duta Lingkungan Hidup yang diselenggarakan oleh PWLT ini. Ia bahkan menyebut Audisi ini sebagai pekerjaan utama yang harus dilaksanakan oleh pemerintah. Dikarena audisi ini adalah salah satu cara membina sumber daya manusia agar sadar dan peduli terhadap kondisi lingkungan hidup sedini mungkin.

Apalagi yang menjadi sasaran dari audisi ini adalah kaum milenal muda yang diharapkan bisa menjadi ambassador kampanye terhadap lingkungan hidup.

“ Audisi duta lingkungan hidup ini adalah sebuah gagasan dan pekerjaan yang sangat besar. Kita sudah mengikuti hamper 4 tahun ini dan sudah melahirkan ratusan orang kader lingkungan yang ada secara tidak langsung yang digagas oleh kawan kawan media,” kata Direktur Walhi NTB, Murdani MH.

Menurut Murdani, apa yang dilakukan PWLT ini adalah sebagai konsep tanding pelaksanaan program yang dibuat pemerintah terhadap isu lingkungan hidup.

“ Jadi ini lebih kongkret dari Zero Waste itu. Karena kalau ngangkut sampah, akan ada sampah lagi, kalau ini manusianya yang dibangun. Sehingga kalau semua peserta ini menularkan ke 5 orang saja, ribuan orang bisa sadar dengan lingkungan hidup,” katanya.

 Oleh karena itu, menurut pria yang baru pulang berkampanye soal lingkungan hidup hingga eropa ini, apa yang dilakukan PWLT dengan melaksana kegiatan audisi duta lingkungan hidup ini telah membantu pekerjaan pemerintah yang dilakukan secara sukarelawan.  Karena yang dilakukan adalah membangun SDM yang diketahui adalah upaya yang sangat sulit dilakukan. Bahkan pemerintah pun belum sepenuhnya dilakukan secara massif.

“ Sebenarnya ini pekerjaan pemerintah, ini juga pekerjaan Walhi. Jadi Audisi Duta Lingkungan Hidup ini telah mengerjakan setengah dari pekerjaan pemerintah dalam rangka membangun kesadaran Sumber Daya Manusia terhadap Lingkungan kita,” tandasnya.

Audisi Duta Lingkungan Hidup ini dimulai pada tanggal 27 Juli 2019 hingga 25 Agustus 2019. Grand Final akan dilakukan di Desa Karang Sidemen, mengambil tempat di Horti Park dengan tema kegiatan Bulan Bhakti Lingkungan Hidup dan Pelestarian Mata Air.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here