Beranda Hukum Kriminal Polisi Tangkap Pelaku Penyelundupan Rusa Dari NTT

Polisi Tangkap Pelaku Penyelundupan Rusa Dari NTT

140
0
BERBAGI
Suasana penangkapan penyelundupan Rusa di Bima

Koresponden Koranmerah [Jumat, 9/8]


Tim Intelmob Satbrimob Polda NTB dipimpin Danki 3 Pelopor Brimob Sape Iptu Iwan Sugianto Rabu (7/8) mengamankan Pelaku dan satu unit Mobil Kijang dengan No Pol EA 1070 di  pantai Lariti Desa Soro Kecamatan Sape Bima Nusa Tenggara Barat yang membawa 8 ekor diduga hasil selundupan dari  Provinsi NTT.

Anggota Tim Intelmob  Sat Brimob Polda NTB pada pukul 09.30 wita mendapatkan informasi dari masyarakat setempat tentang sebuah kapal yang melakukan aktifitas bongkar muat barang dengan indikasi tindak kriminal di sekitar area pantai Lariti.

Mendapat informasi Danki 3 Brimob Sape bersama Tim Intelmob langsung merespon Laporan tersebut setelah melakukan persiapan pada pukul 10.05 Wita Tim bergerak menuju Lokasi  untuk melakukan pengecekan.

Tim sampai lokasi sekitar 25 Menit kemudian dan sesuai informasi yang diterima di lokasi Tim Resmob melihat mobil kijang Rover yang mencurigakan melintas. Melihat hal tersebut Tim Resmob kemudian mencegatnya dan memeriksa isi kendaraan dalam kendaraan ditemukan 8 ekor Rusa dengan kondisi 7 ekor rusa dalam keadaan sudah mati dan 1 ekor dalam keadaan masih hidup.

Dikarenakan Rusa adalah salah satu hewan  yang dilindungi  undang undang. Tim Resmob kemudian mengamankan pelaku inisial  NY, [43 tahun] asal Pangi Mpunda Bima. Kemudian membawanya Pelaku dan BB Rusa ke Kantor  Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bima-Dompu untuk dilakukan pemeriksaaan dan pendataan terhadap Pelaku dan Barang Bukti.

” Pada januari 2019 di langkudi Bima, kasus seperti ini juga pernah terjadi dan polisi berhasil menangkap pelaku, kali ini kita  juga berhasil menangkap pelaku dan barang bukti 8 ekor Rusa, 7 yang sudah mati dan 1 masih hidup, penangkapan ini tidak lepas dari peran masyarakat yang sudah melaporkan dan ini yang kita harapkan untuk memberantas segala bentuk pelanggaran hukum di wilayah bima khususnya sape,  kita jadikan sape selalu kondisif dan kami berterima kasih kepada masyarakat yang sudah peduli dan mau melapor  terkait indikasi adanya pelanggaran hukum”. Demikian papar Danki 3 Brimob Sape Iptu Iwan Sugianto.

Kasi Iintel Satbrimob Polda NTB AKP Eka Perasetya ditemui diruang kerjanya mengatakan terkait keberhasilan anggotanya yang telah berhasil mengankap pelaku diduga penyelundupan Rusa di soro Sape Bima.

“ Saya sudah perintahkan anggota saya untuk segera menindak lanjuti setiap ada laporan terkait adanya indikasi tindak pidana diseluruh wilayah Penugasan dengan tetap berkoordinasi dengan Satauan Brimob Kewilayahan. Keberhasilan penangkapan Kasus Rusa di Sape ini tak lepas dari koordinasi yang baik dengan berbagai pihak,”Demikian tegasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here