Beranda Hukum Kriminal Anggota Dewan Baru Dilantik, KPU Loteng Disidang DKPP

Anggota Dewan Baru Dilantik, KPU Loteng Disidang DKPP

404
0
BERBAGI
Suasana Sidang DKPP terhadap dugaan pelanggaran KPU Loteng

Koresponden Koranmerah [Rabu, 28/8]


Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu [DKPP] menggelar sidang dengan agenda dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh KPU Lombok Tengah, 26/8.

DKPP menyidangkan laporan M samsul Qomar terhadap KPU lombok Tengah atas dugaan pelanggaran dalam mekanisme rekapitulasi di kecamatan Pujut. Dimana pada saat itu, protes saksi tidak diindahkan oleh PPK, hingga persoalan tersebut di bawa ke kabupaten KPU Kabupaten pun tidak mengindahkan hal tersebut.

Selain itu, dugaan adanya DA2 dan DB2 dari saksi yang tidak dibahas sesuai mekanisme yang diatur dalam PKPU Nomor 7 tentang rekapitulasi suara. Selain itu adanya temuan pembukaan kotak suara dan pengambilan eokumen c1 dn c1 plano tanpa pengawalan aparat terkait dan saksi saksi dari partai.

Dan terakhir adanya temuan c1 dan c1 plano hologram yang ter cecer.

Dalam agenda sidang kali ini, DKPP menghadirkan 4 saksi dari pelapor.

” Kami menduga adanya upaya yang sistematis dari penyelenggara untuk tidak merespon keberatan kami padahal bukti c1 yang kami punya persis sama dengan c1 yang di Upload oleh KPU di situng KPU,” kata Khairil.

Sementara itu, Kuasa hukum pelapor, Yandre Sudarso usai sidang menyatakan berharap DKPP bersikap tegas dengan memecat KPU Lombok tengah karena tindakan yang dilakukan sudah mencederai norma etik penyelenggara KPU, dan tidak profesional dalam menjalankan tugasnya.

” Kami hawatir hal ini terjadi lagi nanti di Pilkada 2020 terlebih lagi tingkat interes masyarakat pada pilkada lebih tinggi. sementara pada momen pileg kemarin saja telah terjadi keributan yang memakan korban akibat dari oknum KPU yang tidak profesional dalam menjalankan tugasnya,” tambahnya.

Sementara hari ini, Rabu, Anggota DPRD Lombok Tengah dilantik. 50 Anggota dewan resmi bertugas untuk 5 tahun kedepan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here