Beranda Publik Politik Peringatan Kesaktian Pancasila di Loteng. Dipimpin Bupati, Ketua Dewan Bacakan Ikrar

Peringatan Kesaktian Pancasila di Loteng. Dipimpin Bupati, Ketua Dewan Bacakan Ikrar

0
BERBAGI
Bupati Lombok Tengah, Suhaili FT dan Ketua DPRD Loteng, M.Tauhid

Koresponden Koranmerah [Rabu, 2/10]


Upacara dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) berlangsung khusyu dan khidmat, Selasa (1/10).

Dalam kesempatan ini, bertindak selaku inspektur upacara, Bupati Lombok Tengah HM Suhaili Fadil Tohir, SH. Dimana dihadiri juga oleh Wakil Bupati, Sekda, Dandim, Kejari, Kepolres dan Ketua dan pimpinan DPRD Lombok Tengah beserta kalangan ASN dan pelajar dan sejumlah unsur lainnya.

Dalam upacara ini dinyatakan Ikrar Kesaktian Pancasila dibacakan oleh Ketua DPRD Kabupaten Lombok Tengah, M. Tauhid.

Dalam ikrar ini, Tauhid menyebutkan bahwa telah terjadi rongrongan atas kedaulatan NKRI. Dimana rongrongan tersebut telah berupaya untuk mengganti dasar negara Pancasila kepada bentuk lainnya.

” Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia,” Kata Tauhid saat membacakan teks Ikrar.

Rongrongan itu bisa disebebkan karean kurang waspada terhadap ancaman yang terus membuntuti bangsa Indonesia. Sehingga Ideologi Bangsa ini terancam oleh ideologi yang tidak mencerminkan kebersamaan dan persatuan bangsa yang beraneka ragam ini.

” Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya menumbangkan Pancasila sebagai ideologi Negara. bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia,” Lanjut Tauhid.

Untuk itu, semua pihak diminta bahu membahu dalam membulatkan itikad dan tekad guna mempertahankan dan mengamalkan nilai nilai Pancasila yang terkandung ke dalam kehidupan sehari hari. Dengan ini, maka keutuhan NKRI akan tetap terjaga.

” Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nila-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” Tutup Tauhid mengakhiri Ikrar Kesaktian Pancasila ini.

Sementara itu, Sebelum meninggalkan mimbar acara, Bupati Lombok Tengah HM Suhaili FT mengajak seluruh masyarakat khususnya ratusan peserta apel untuk merenungkan esensi pelaksanaan apel Hari Kesaktian Pancasila.

Tiga pesan yang disampaikan Bupati tersebut diantaranya jangan pernah menyekutukan Allah SWT.

Suhaili juga mengajak seluruh masyarakat untuk selalu berikhtiar dan terus meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT.

Pesan terakhir yang disampaikan bupati, agar seluruh masyarakat pandai-pandai bersyukur.

“Jangan sampai ada niatan untuk mengingkari segala anugerah dan nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT,” tutup Bupati Lombok Tengah dua periode tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here