Beranda Nasional Jamaah Haji Yang Gagal Berangkat Tahun Ini Bisa Ambil Uangnya

Jamaah Haji Yang Gagal Berangkat Tahun Ini Bisa Ambil Uangnya

0
BERBAGI
Menteri Agama, Fachrul Razi/Net

Editorial Koranmerah.com


Jemaah yang gagal berangkat tahun ini bakal mendapat antrean tahun depan. Jemaah yang memutuskan untuk tidak menunggu hingga tahun depan juga bisa meminta uang kembali.

“Setoran pelunasan BPIH itu juga dapat diminta kembali oleh jemaah haji yang bersangkutan, kalau dia membutuhkan, silakan. Bisa diatur, kami akan dukung itu dengan sebaik-baiknya,” kata Menteri Agama, Fachrul Razi.

Ibadah haji 2020 sendiri dibatalkan Kementerian Agama lantaran pandemi virus corona (Covid-19) global tak kunjung mereda. Pembatalan resmi diumumkan langung oleh Kementerian Agama.

“Berdasarkan kenyataan itu pemerintah memutuskan tak memberangkatkan haji pada 1441 hijriah,” kata Fachrul Selasa (2/6).

Sementara itu,  Kepala BPKH Anggi Abimanyu menampik ada kaitan antara pembatalan haji 2020 dengan penggunaan dana US$600 juta untuk menguatkan Rupiah.

Padahal, Anggito pada 2 Juni kemarin sama sekali tidak memberikan pernyataan terkait Pembatalan Haji 2020. Tidak pula mengaitkan dengan dana US$600 juta tersebut.

“Dana tersebut memang tersimpan di rekening BPKH dan jika tidak dipergunakan untuk penyelenggaraan ibadah haji akan dikonversi ke dalam mata uang Rupiah dan dikelola oleh BPKH.

Dana yang dikonversi ke Rupiah itu nantinya tetap akan tersedia dalam rekening BPKH. Anggito mengklaim dana itu aman dan dipergunakan dalam menunjang penyelenggaraan ibadah haji.[Cnnindonesia].

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here