Beranda Traveling dan Wisata 24 Desa di Loteng Siap Ikuti Lomba Kampung Sehat Polri

24 Desa di Loteng Siap Ikuti Lomba Kampung Sehat Polri

0
BERBAGI
Kabag Humas Dan Protokol Setda Lombok Tengah HL Herdan

Koresponden Koranmerah.com


Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) siap mensukseskan Lomba Kampung Sehat yang diselenggarakan oleh Kepolisian Republik Indonesia dalam hal ini Polda NTB untuk meningkatkan Peran aktif masyarakat dalam memutus mata rantai penularan Covid-19 atau Virus Corona.

Sebagai bentuk kesiapan tersebut, Pemkab Lombok Tengah akan melaunching Lomba Kampung Sehat pada hari Jumat, 19 Juni 2020 di Desa Bonjeruk Kecamatan Jonggat pukul 15.00 Wita.
Dalam lomba ini setiap kecamatan akan diikuti oleh  2 desa.

” Dengan begitu untuk tingkat Kabupaten Lombok Tengah terdapat 24 desa sebagai peserta lomba,” kata Kabag Humas Dan Protokol Setda Loteng, H.L.Herdan.

Dijelaskannya, tahapan Lomba Kampung Sehat dimulai dengan Launching pada tanggal 19 Juni 2020. Selanjutnya tanggal 20 Juni sampai 10 Juli tahapan sosialisasi dan pendampingan. Dilanjutkan pada tanggal, 11-15 Juli penilaian dan Tanggal 15 Agustus pengumuman juara 1, 2, 3. Tanggal 17 Agustus 2020 pengumuman juara tingkat Provinsi.

” Kemudian tanggal 18-28 Agustus 2020 pendampingan tingkat Provinsi bagi desa yang keluar sebagai juara tingkat Provinsi yang akan mewakili NTB di tingkat nasional,” PLT.Camat Praya Barat ini.

Herdan berharap Kabupaten Lombok Tengah terpilih sebagai juara yang mewakili Provinsi NTB di tingkat Nasional.

Lomba Kampung Sehat memiliki beberapa parameter penilaian, antara lain bidang kesehatan. Akan menilai apakah kampung itu memiliki posko kesehatan, apakah warganya menerapkan budaya hidup sehat, apakah punya protokol migrasi keluar masuk warga.

Parameter lainnya di bidang sosial kemasyarakat. Parameter ini akan menilai apakah warga memiliki protokol khsus dampur umum, inovasi membangkitkan UMKM lokal, apakah ada program ketahanan pangan, penanganan gizi buruk, hingga program peningkatan kapasitas warga.
Peniliaian di bidang industri melihat apakah kampung tersebut punya protokol dalam tata niaga dan destinasi wisata dengan protokol kesehatan.

” Parameter terakhir adalah bidang keamanan, akan menilai bagaimana desa itu mejaga keamanan desa. Tim penilai berasal dari unsur Pemerintah kabupaten, TNI, Polri dan Akademisi,” pungkas Herdan.

Adapun 24 Desa yang akan mengikuti Lomba Kampung Sehat yakni.
Kecamatan Praya :
1. Desa Montong Terep
2. Desa Mekar Damai
Kecamatan Jonggat :
3. Desa Bonjeruk
4. Desa Sukarara
Kecamatan Pringgarata
5. Desa Airjangka
6. Desa Taman Indah
Kecamatan Praya Tengah
7. Desa Pejanggik
8. Desa Jurang Jaler
Kecamatan Praya Timur
9. Desa Mujur
10. Desa Sukaraja
Kecamatan Janapria
11. Desa Durian
12. Desa Jango
Kecamatan Kopang
13. Desa Semparu
14. Desa Lendang Are
Kecamatan Batukliang
15. Desa Pagutan
16. Desa Mantang
Kecamatan Batukliang Utara
17. Desa Lantan
18. Desa Aik Berik
Kecamatan Praya Barat
19. Desa Setanggor
20. Desa Tanak Rarang
Kecamatan Praya Barat Daya
21. Desa Ungge

22. Desa Teduh
Kecamatan Pujut
23. Desa Tumpak
24. Desa Rembitan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here