Beranda Traveling dan Wisata Poltekpar Lombok Akan Laksanakan Wisuda Perdana Pada September

Poltekpar Lombok Akan Laksanakan Wisuda Perdana Pada September

0
BERBAGI
Direktur Poltekpar Lombok Dr.H.Hamsu Hanafi.

Koresponden Koranmerah.com


Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersurat ke Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan nomor surat: B/KP.08.00/401/PPSDM/2020. Surat ini isinya meminta kepada BAN-PT untuk segera melakukan Assessment Lapangan yang menjadi bagian dari proses akreditasi terhadap Politeknik Pariwisata Lombok. Surat ini diajukan pada tanggal 22 Juni 2020.

” Hal ini dilakukan supaya mahasiswa Poltekpar Lombok yang telah menyelesaikan ujian Tugas Akhir kita rencanakan diwisuda tahun ini,” terang Direktur Poltekpar Lombok Dr.H.Hamsu Hanafi, MM.[23/6/2020].

Dijelaskannya, Pihaknya telah berupaya semaksimal mungkin untuk menyelesaikan proses akreditasi. Tentu upaya ini dilakukan bersama dengan seluruh tim yang bekerja keras demi Lembaga, mahasiswa, dan kita semua sebagai masyarakat yang telah mempercayakan Poltekpar Lombok sebagai Perguruan Tinggi untuk mendidik generasi muda khususnya NTB di bidang pariwisata.

” Saat ini mahasiswa sedang menyelesaikan Tugas Akhir untuk Program Studi Diploma 3 dan Proyek Akhir untuk Program Studi Diploma 4,” kata Hamsu.

Direncanakan bulan juli 2020 mahasiswa akan ujian akhir dan yudisium, kemudian dilanjutkan dengan Wisuda. Pada September 2020 mendatang, rencana Poltekpar Lombok mewisuda seluruh mahasiswa yang telah diyudisium.

” Wisuda ini adalah wisuda perdana yang dilakukan oleh Poltekpar Lombok. Wisuda ini akan menjadi sejarah ditorehkan oleh Poltekpar Lombok kepada mahasiswa, civitas akdemika dan masyarakat,” pungkas Hamsu.

Sementara itu Dr. Jujuk Ferdiyanto,M.Pd selaku kepala Satuan Penjaminan Mutu Poltekpar Lombok menjelaskan sejak tahun 2017 Politeknik Pariwisata Lombok menyelesaikan proses ijin Program Studi di Kemenristek Dikti. Saat itu Poltekpar Lombok telah memenuhi syarat dengan jumlah dosen magister pariwisata untuk mendapatkan ijin pendirian Program Studi sehingga operasionalnya dapat dijalankan.

Hal ini tidak serta merta dapat segera mengusulkan akreditasi ke Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi BAN-PT karena syarat untuk pengusulan akreditasi harus dengan pembuktian minimal 2 tahun telah beroperasi. Sementara Poltekpar Lombok saat itu baru 1 tahun beroperasi.

” Namun keterbatasan jumlah tenaga pengajar masih menjadi kendala dalam penilaian yang distandarkan. Dalam 9 standar ini kita dituntut untuk memenuhi seluruh persyaratan yang telah ditentukan. Poltekpar Lombok adalah Perguruan Tinggi yang menerapkan sistem pendidikan vokasional sehingga metode pembelajaran berbasis industrial, tutuntun kekinian, dan tentu nilai yang diharapkan harus melebihi kapasistas yang distandarkan,” terang Dr. Jujuk Panjang lebar.

” Dasar inilah menjadi patokan segenap komponen Poltekpar Lombok untuk memenuhi penilaian akreditasi,” tambahnya.

Lebih lanjut dijelasnnya, Pada awal 2019, adanya kendala dengan jumlah sumber daya pengajar sehingga BAN-PT belum meluluskan dokumen pengajuan akreditasi yang diusulkan. Syarat ini baru bisa terpenuhi pada akhir 2019 dan pada semester pertama tahun 2020 ini seluruh proses berjalan lancar dengan terbitnya SK akreditasi 3 Program Studi yaitu Program Studi Divisi kamar Pada Program Diploma-III, Program Studi Pengaturan Perjalanan Pada Program Sarjana Terapan, dan Program Studi Seni Kuliner Pada Program Diploma-III.

Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor: 3186/SK/BAN-PT/Ak-PKP/Dipl-III/V/2020 tentang Pemenuhan Pemenuhan Syarat Peringkat Akreditasi Program Studi Divisi kamar Pada Program Diploma-III Politeknik Pariwisata Lombok, Kabupaten Lombok Tengah. Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor: 3419/SK/BAN-PT/Ak-PKP/ST/VI/2020 tentang Pemenuhan Syarat Peringkat Akreditasi Program Studi Pengaturan Perjalanan Pada Program Sarjana Terapan Politeknik Pariwisata Lombok, Kabupaten Lombok Tengah. Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor: 3491/SK/BAN-PT/Ak-PKP/Dipl-III/VI/2020 tentang Pemenuhan Syarat Peringkat Akreditasi Program Studi Seni Kuliner Pada Program Diploma-III Politeknik Pariwisata Lombok, Kabupaten Lombok Tengah. Dalam waktu dekat Surat Keputusan Program Studi Diploma III Tata Hidang juga akan segera terbit.

” Selanjutnya proses assessment lapangan juga akan dilakaukan secara daring oleh BAN-PT,” katanya.

Dengan selesainya proses ini, Pihak Poltekpar optimis pada bulan September mendatang akan dilakukan Wisuda Mahasiswa untuk kali pertama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here