Beranda Publik Politik Wabup Loteng Buka STQ Ke-26 di Becingah Tastura. Tiga Mata Lomba Ditandingkan

Wabup Loteng Buka STQ Ke-26 di Becingah Tastura. Tiga Mata Lomba Ditandingkan

0
BERBAGI
Wakil Bupati Loteng, Lalu Pathul Bahri saat membuka STQ ke-26 Kabupaten Lombok Tengah di Becingah Agung Alun ALun Tastura.

Koresponden Koranmerah.com


Pemerintah Daerah Lombok Tengah membuka secara resmi Seleksi Tilawatil Quran yang ke-26 di Becingah Agung Alun Alun Tastura Kota Praya, (8/7/2020).

Pembukaan STQ ke-26 ini dihadiri oleh Wakil Bupati Lombok Tengah, Lalu Pathul Bahri, Kepala Kemenag Loteng, Forkopinda, Dewan Juri, dan para peserta STQ. Pembukaan STQ ini tetap mengacu pada protokoler Covid 19.

Pembukaan STQ Ke-26 ini diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran yang dibacakan oleh Qori’ kenamaan H.Sabarudin lalu kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari ketua panitia penyelenggaran yakni Kepala Bagian Kesra Setda Loteng.

Dalam penjelasannya, Kabag Kesra mengemukakan digelarnya kegiatan STQ ini di tengah Covid 19 ini tak lepas dari target Pemda Loteng untuk mengirim wakilnya di STQ tingkat provinsi pada bulan September mendatang.

” Kalau ini STQ ini tidak kita laksanakan, maka dipastikan Lombok Tengah tidak akan ada wakilnya di STQ Provinsi NTB yang dijadwalkan pada bulan September 2020 mendatang,” kata H. Ridwan Ma’ruf.

Lebih lanjut dijelaskan pada STQ kali ini, hanya ada tiga mata lomba yang dilombakan yakni Mata Lomba Tilawah, Tahfiz dan Tafsir. Dimana ada 192 peserta yang berpartisipasi dari 12 kecamatan. Namun tahun ini sangat berbeda pelaksanaannya dari tahun tahun sebelumnya karena wabah Covid 19.

” Kalau tahun ini agak berbeda karena pertama kita tidak adakan pawai ta’aruf kedua kita tidak inapkan para peserta,” katanya.

Selain itu juga, sebelumnya STQ ini diagendakan pada bulan Maret, namun karena  wabah akhirnya diundur hingga bulan Juli. Tak hanya itu, sebelumnya, pelaksanaan STQ diadakan di Praya Timur dipindahkan ke Kota Praya. Pemindahan ini tidak lepas dari kondisi saat ini.

” Ada empat majlis yang kita sebagai titik lokasi, yakni di panggung utama di Becingah, kemudian SMP 1 dan SMP2 serta masjid Agung,” katanya.

STQ ke-26 kali ini dijadwalkan selama lima hari, dari tanggal 8 hingga tanggal 12 juli 2020. Oleh karena itu, panitia mengambil waktu sehari penuh untuk waktu perlombaan, dari pukul 08.00 wita hingga 17.00 Wita. Dimana setiap hari, panitia menjadwalkan peserta dari 4 kecamatan bisa tampil.

” Sehingga pada hari Sabtu kita sudah final dan hari Minggu sudah penutupan,” katanya.

Sementara itu, wakil Bupati Lombok Tengah berpesan kepada panitia untuk melaksanakan kegiatan STQ ini dengan sebaik-baiknya agar juara STQ tahun ini dapat diandalkan di STQ tingkat provinsi NTB nanti. Diharapkan Lombok Tengah bisa mengukir prestasi dan melaju ke tingkat Nasional.

” Semoga perwakilan Lombok Tengah yang juara STQ hari ini bisa menjadi juara di tingkat provinsi NTB, ” katanya.

Tak lupa juga, ketua LPTQ Loteng ini juga mengingatkan agar pelaksanaan STQ ke 26 ini dapat dijadikan momentum untuk membumikan Alquran di Lombok Tengah sehingga kabupaten ini diberikan keberkahan oleh Allah, SWT terlebih pada musim wabah saat ini.

” Semoga Allah meridhoi apa yang kita kerjakan hari menjadi ladang pahala baik bagi panitia, dewan juri dan para peserta serta semua yang terlibat dalam kegiatan yang mulia ini,” katanya.

Pembukaan secara resmi dilakukan oleh Kepala Kementerian Agama Lombok Tengah, H.Jalalussayuti,” dengan mengucap kalimat Bismillah dan suratul fatihah, kita buka acara STQ ke-26 ini secara resmi,” katanya, lalu kemudian ditutup dengan do’a bersama yang dipimpin oleh TGH.Syahdi Amin.

Dalam kesempatan ini, Wabup langsung melantik para dewan juri STQ dengan koordinator juri H.Sabarudin.


Advertorial Pemberitaan Bagian Humas Dan Protokol Setda Lombok Tengah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here