Beranda Publik Politik Perludem Desak Pemerintah Berikan Kompensasi Petugas Meninggal Pada Pemilu

Perludem Desak Pemerintah Berikan Kompensasi Petugas Meninggal Pada Pemilu

153
0
BERBAGI
Petugas KPPS meninggal kelelahan pada Pemilu 2019

Editorial Koranmerah [Selasa, 23/4]


Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) turut berduka cita atas ratusan petugas Pemilu serentak 2019 yang meninggal dunia.

Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) dan kelembagaan pemerintah terkait harus ikut mengambil tanggung jawab dan mengevaluasi keadaan ini secara serius dan menyeluruh.

Demikian disampaikan Direktur Ekeskutif Perludem, Titi Anggraini dalam keterangan tertulis, Selasa (23/4).

Menurut Titi, harus ada kompensasi yang sepadan bagi keluarga yang ditinggalkan maupun bagi mereka yang sakit atau mengalami kecelakaan kerja saat bertugas melaksanakan pemilu.

“Negara harus hadir mengapresiasi kerja keras dan bakti mereka sebagai bagian dari penyelenggara pemilu serentak satu hari terbesar di dunia,” terangnya.

Pemilu dengan lima surat suara kali ini memang menyimpan kompleksitas dan membutuhkan tenaga ekstra dalam menjalankannya.

Bagaimana tidak, dalam proses penghitungan suara di TPS saja, anggota KPPS memerlukan waktu sampai dengan lewat tengah malam untuk menyelesaikan penghitungan lima surat suara.

“Belum lagi ditambah beban untuk melakukan pengadministrasian hasil pemilu dalam berbagai jenis formulir yang banyak jumlahnya untuk lima jenis pemilu yang diselenggarakan,” ujar Titi.


Sumber: Kantor Berita Politik, Rmol.co

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here