Beranda Publik Politik Pembayaran Lahan Jalan Tol BIL-KEK Mandalika Cair. Pemilik Kaya Mendadak

Pembayaran Lahan Jalan Tol BIL-KEK Mandalika Cair. Pemilik Kaya Mendadak

416
0
BERBAGI
Plakat simbolis pembayaran ganti rugi pembebasan lahan jalan tol BIL-Mandalika

Koresponden Koranmerah [ Kamis, 1212]


Puluhan warga dari berbagai desa di wilayah kecamatan Pujut nampak mengantri sejak pagi di aula depan ruang wakil Bupati Lombok Tengah. Mereka sejak pagi telah berjubel mengantri untuk dipanggil namanya, [12/12]

Terlihat wakil bupati Loteng, Lalu Pathul Bahri didampingi pejabat dari ATR dan Dinas Perkim memantau proses pemberian ganti rugi pembelian lahan untuk jalan tol atau jalan bebas hambatan yang menghubungkan Bandara Internasional Lombok ke KEK Mandalika.

Sebelum diberikan tanda bukti pencairan yang ditransfer langsung melalui Bank BNI, satu persatu warga secara bergiliran diperiksa dokumen kelengkapan lahan.

Ganti rugi pembelian lahan warga terdampak pembangunan jalan tol BIL-KEK ini bervariasi jumlahnya. Tim Appraisal Independen ditunjuk pemerintah untuk menaksir harga lahan warga. Ada 639 bidang tanah yang dibayar pemerintah dengan 569 warga pemilik lahan. Pemerintah sudah mengeluarkan dana Rp.226 Milliar untuk pembayaran lahan dari tottal Rp.351 Milliar untuk melakukan pembebasan lahan.

Kabid pengadaan tanah ATR Kanwil ATR Provinsi NTB H.L.Saharli mengatakan saat ini sudah sudah pada tahap pembayaran ganti rugi,”Proses waktu yang panjang, kendala yang ada sudah bisa kita selesaikan” ujarnya.

Tim pengadaan tanah kanwil ATR NTB, salut kepada seluruh pihak sehingga proses ini bisa dilalui. Dalam pelaksanaan pembebasan tanah penilaian ganti rugi oleh apresial independen sudah melaksanakan tugas dengan baik dan sudah membuahkan hasil.

Mengenai besaran nominal yang diterima masing masing pemilik, Saharli mengatakan Penilaian dilakukan bidang per bidang sehingga harga tanah variatif. “Dilihat posisi tanah dan bangunan. Kita sendiri tidak tahu besarannya, sebab diserahkan ke pemilik,” jelasnya.

Pramono dari Balai Jalan Kementerian PU PR Provinsi NTB mengatakan pihaknya bertugas menyiapkan dana dan membayar. Tahap pertama sudah bayar dan hari ini sudah diganti rugi.

Ada 4 tahap pembayaran yakni tanggal 26 oktober, 29, November 29 November dan 3 desember proses transfer,” penyerahannnya hari ini. Hari ini  204 orang, yang sudah terbayar Rp. 226 M dari total Rp.351 Milliar,” ujar Pramono.

Dengan cairnya pembayaran lahan ini, warga pemilik lahan seakan kaya mendadak. Bayangkan mereka menerima uang hingga ratusan juta hingga milliaran. Selain milik warga, ternyata ada dua aset pemda yang terkena pembebasan yakni SD 1 Tonjer dinilai lahan dan bangunan mencapai Rp. 4,6 milyar.

Wakil Bupati Loteng memberikan apresiasi kepada pemerintah pusat yang sudah memberikan ganti rugi pembayaran lahan kepada warga untuk pembangunan jalan tol ini. karena biasanya dana pembebasan lahan disiapkan oleh pemerintah daerah, namun kini langsung diberikan pemerintah pusat dengan jumlah cukup besar.

” Saya mewakili keluarga besar Loteng yang lebih dari satu juta ini memberikan apresiasi seluasnya kepada pemerintah pusat. Dan ini adalah bentuk antusiasime, bentuk keseriusan pemerintah dalam rangka pelaksanaan proyek strategis nasional yang dicanangkan oleh pemerintah pusat di lahan yang kurang lebih 1200 hektar,” kata Lalu Pathul Bahri.

Pathul juga berharap kedepan tidak ada hambatan lagi dalam proses pembangunan di KEK Mandalika sehingga 2021 MotoGP sudah bisa terlaksana. Untuk itu ia meminta agar masyarakat memberikan dukungan terhadap proses pembangunan ini.

Jalan Tol atau jalan bebas hambatan ini dibangun untuk mempermudah lalu lintas guna kepentingan MotoGP yang mana langsung terhubung dari Bandara ke Sirkuit MotoGP. Panjang ruas sekitar 17 Kilometer dengan lebar 50 meter atau 8 jalur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here