Beranda Editorial 24 Orang Anggota AMSI NTB Lulus Ujian Kompetensi Wartawan

24 Orang Anggota AMSI NTB Lulus Ujian Kompetensi Wartawan

0
BERBAGI
Foto bersama usai pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan yang diselenggarakan oleh Asosiasi Media Siber Indonesia Wilayah NTB.

Koresponden Koranmerah.com


Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wilayah NTB berhasil melaksanakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) terhadap puluhan Wartawan yang tergabung dalam AMSI NTB.

Sebanyak 23 Wartawan, 1 Wartawan Utama mendapatkan sertifikasi Wartawan Muda setelah mengikuti UKW dari Solopos Institute yang menjadi salah satu lembaga Verifikasi yang terdaftar oleh Dewan Pers.

UKW yang dilaksanakan selama dua hari ini dilalui dengan sangat ketat, menjalankan 12 tahap yang menjadi standar UKW. Setelah melalui 12 tahap yang menegangkan tersebut, 24 peserta UKW dinyatakan lulus oleh Solopos Institute, minggu (6/12/2020).

24 Peserta ini kemudian akan dicatat dan dipublikasikan oleh Dewan Pers dalam website resmi Dewan Pers sebagai wartawan yang kompeten.

“Jadi setelah kami simpulkan semua, Alhamdulillah hasilnya semua berkompeten,” ujar salah satu penguji, Saifaul Arifin disambut tepuk tangan meriah dari para peserta.

Adapun materi ujian yang digelar selama hari itu diantaranya mulai dari ujian tentang profesionalisme wartawan, sejarah pers global dan nasional, kode etik jurnalis, prinsip jurnalis, bahasa jurnalis, menganalisa pelanggaran kode etik jurnalis, teknik wawancara dan membuat berita, rapat redaksi dan evaluasi redaksi dan penggunaan IT serta ujian lain untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas wartawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here